[Book Review] Liar Game by Kaitani Shinobu



Manga Title Liar Game
Author / Artist: Kaitani Shinobu
Released: 2005
Genre: Drama, Mystery, Psychological, Seinen

Blurb:

Nao Kanzaki, a young woman honest to a fault, receives a package containing 100 million yen and is forced to participate in the first round of the elusive "Liar Game", where she must protect the sum she received for a period of one month with the risk of suffering a large debt is she fails. 

However, she is tricked by her opponent who manages to steal the entire sum from her. With the help of Shinichi Akiyama, a famous swindler who recently was released from jail, she manages to get the money back, but by showing mercy to the same man who deceived her, she is forced to participate in the next round of the Liar Game.

Review:

Karakter utama manga ini adalah Nao Kanzaki dan Akiyama Shinichi. Nao Kanzaki awalnya hanyalah seorang gadis jujur yang 'bodoh' atau mudah dibohongi, tapi dengan berjalannya waktu dia mengikuti permainan, karakternya menjadi semakin kuat. Akiyama Shinichi adalah seorang mantan narapidana, tapi ia sebetulnya adalah lulusan cemerlang universitas dalam bidang psikologi. Keduanya selalu membuat pembaca terkejut dengan aksi mereka.

Musuh mereka juga sering tertipu dengan aksi Nao dan Akiyama serta beberapa pemain yang telah menaruh kepercayaan pada mereka. Tapi mereka tidak selalu menang. Ada juga waktu mereka harus merasa kalah. Totalnya ada 19 volume. Jadi siap-siap dikejutkan dengan kebohongan-kebohongan para pemain Liar Game selama 19 volume, ya.

Aku tertarik dengan manga ini begitu aku membaca bab pertama. Dimulai dengan manga, dan kemudian drama juga dibuat berdasarkan manga ini. Manga ini serius tapi lucu dalam beberapa cara yang unik. Aura psikologis membiarkan pembaca juga berpikir tentang bagaimana untuk memecahkan permainan. Penulis terus membuat pembaca iri dengan apa yang akan dilakukan karakter utama (khususnya aku ^_^). Karakter dalam cerita ini selalu membuat tindakan yang mengejutkan dan membuat permainan berjalan tidak terduga. Salah satu genre manga ini adalah Seinen, itu berarti menargetkan pembaca berusia 18 sampai 30 tahun, sering melibatkan laki-laki sebagai pahlawan, tema mengenai kehormatan, dan humor slapstick.

Permainan di Liar Game datang satu demi satu, dan entah bagaimana mendorong pemain yang kalah terus bermain atau mereka akan berada dalam lilitan hutang. Tapi ada juga orang yang telah memenangkan pertandingan tapi mereka masih terus bermain hanya karena kesombongan mereka. Manga ini membuatku belajar tentang sifat sejati manusia. 

Liar Game ini sebenarnya permainan tentang berbohong. Pada awal permainan, para pemain memiliki perasaan yang sangat intens karena tidak ada orang dalam permainan tersebut yang layak untuk diberi kepercayaan. Tapi, seiring dengan berjalannya waktu, dengan kesepakatan yang mereka buat dan kerjasama, beberapa orang belajar untuk mempercayai pemain lain dan mencoba untuk dibebaskan dari permainan tanpa hutang secara bersama-sama. Aku tidak tahu bagaimana mereka akan melakukan itu karena aturan permainan yang konyol, tetapi ikatan kepercayaan yang tumbuh di antara mereka entah bagaimana sangat kontras dengan hal penting dari permainan ini, yaitu kebohongan dan penghianatan.

http://simple2ringo.wordpress.com/


About the Author:
Kaitani Shinobu

Shinobu Kaitani (甲斐谷忍 Kaitani Shinobu, lahir 24 September 1967) adalah seorang manga artist dari Kagoshima, Jepang dan menerima penghargaan dari Tezuka Award pada tahun 1991. Karyanya yang terkenal adalah One Outs dan Liar Game. Dalam sebuah wawancara ia menyebutkan bahwa ia terinspirasi untuk menulis Liar Game setelah mengunjungi bar lokal di Kagoshima.

Karya:
One Outs
Liar Game
Liar Game - Roots of A
The Psychic Odagiri Kyouko's Lies
Winner's Circle e Youkoso


Komentar