[Book Review] Pembunuhan Atas Roger Acroyd oleh Agatha Christie

Judul: Pembunuhan Atas Roger Acroyd
Penulis: Agatha Christie (1926)
Alih Bahasa: Maria Regina
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun: 2013

Blurb:

Mrs. Ferrars meracuni suaminya...

Tetapi tidak seorang pun mencurigainya, kecuali pemerasnya… sampai ia bunuh diri, dan meninggalkan sepucuk surat untuk laki-laki yang dicintainya.

Roger Ackroyd tidak pernah membaca surat itu sampai selesai…

Karena si pemeras telah beralih melakukan kejahatan lain, pembunuhan. Dan tidak satu orang pun mencurigainya pula... tidak seorang pun, kecuali Hercule Poirot.


Ulasan:


Nah, aku tahu ini buku terkenal, tapi aku baru membacanya. Sedikit ketinggalan jaman memang, walaupun sebetulnya aku ke toko buku bukan mau membeli buku ini. Buku yang pengen kubeli sedang kosong atau tidak ada, jadi kuputuskan untuk membeli buku ini. Habis, kalau ke toko buku tapi keluar tidak membeli buku satu pun padahal sudah mengitari toko buku lamaaa sekali sampai dilirik curiga pegawainya (hahahaa...)
"Hercule Poirot tidak pernah mengambil resiko mengotorkan pakaiannya, tanpa keyakinan akan memperoleh sesuatu yang diinginkannya. Melakukan sesuatu tanpa perhitungan merupakan tindakan yang menggelikan dan gila-gilaan. Dan saya tidak pernah menjadi bahan tertawaan orang." -- Hercule Poirot

Tapi buku ini luar biasa! (hehehee, mungkin aku terlalu berlebihan). Sama sekali tidak menyesal membelinya. Kata-kata Poirot di atas tadi memang bikin 'ngakak'. Selain itu, ada beberapa hal lain yang membuatku 'tidak menyesal' membeli dan membacanya:
  1. Sudut pandang penceritaan
  2. Masalahnya aku belum pernah baca buku-buku Agatha Christie yang sudut pandangnya orang pertama dan bukan dan tokoh utama terkenalnya (misal: Hercule Poirot, Miss Marple).
  3. Nggak ketebak akhirnya
  4. Walaupun jalan ceritanya biasanya hampir sama untuk cerita-cerita detektif: kasus, konflik, penyelesaian. Tapi untuk tebak-menebak ternyata nggak tertebak akhir ceritanya. (merasa beruntung nggak baca spoiler, kalau nggak, bisa bener-bener merusak mood baca).
  5. Can't stop reading till it ends! 
  6. Wah, entah apa itu termasuk yang aku 'suka' dari buku ini apa nggak. Habis, kalau belum selesai baca rasanya tegang dan penasaran terus!
  7. Most recommended! 
  8. Sepertinya aku harusnya baca buku ini sejak pertama baca karya Agatha Christie, terutama tentang tokoh detektif terkenalnya itu, Hercule Poirot. Setelah baca buku ini, jadi kenal siapa dan bagaimana awal mula kasus Hercule Poirot itu.
  9. Pengen lagi
  10. Ya, pengen baca karya Agatha Christie tentang sepak terjang Hercule Poirot lagi di kasus yang lain..

About the Author:
Agatha Christie

Agatha Mary Clarissa Miller was born in Torquay, Devon, England, U.K., as the youngest of three. The Millers had two other children: Margaret Frary Miller (1879–1950), called Madge, who was eleven years Agatha's senior, and Louis Montant Miller (1880–1929), called Monty, ten years older than Agatha.

Agatha Christie also wrote romance novels under the pseudonym Mary Westmacott, and was occasionally published under the name Agatha Christie Mallowan.

To honour her many literary works, she was appointed Commander of the Order of the British Empire in the 1956 New Year Honours. The next year, she became the President of the Detection Club. In the 1971 New Year Honours she was promoted Dame Commander of the Order of the British Empire, three years after her husband had been knighted for his archeological work in 1968.

http://us.macmillan.com/author/agatha

6 komentar:

  1. Dr. Sheppard emang bikin gemes >,<
    Setuju ini adalah salah satu karya terbaik Christie, endingnya bener2 gak ketebak, padahal klo kita baca ulang gak ada satupun clue yang disembunyikan Christie, keren banget ya?

    Misteri di Styles juga recommended banget loh :D

    sipecintabuku.blogspot.com

    BalasHapus
  2. iya bangeeettt~! keren banget dah penceritaannya, sama sekali nggak terduga.
    oke, makasih rekomendasinya. lagi hunting nih.. hehehee

    BalasHapus
  3. betuuuull.. tebakan gua sepanjang baca juga berubah2 mulu eh tapi tetap aja salah, huahahahahaha :))

    BalasHapus
  4. Nice review, bener setelah baca ini jadi pengen lebih kenal lagi kisahnya Pak Poirot. (Ada serial nya juga lo, paling baru thn 2013 ttg water elephant )
    Unbelievable de buku ini..

    Aku baru baca setelah ada info ini novel kriminal terbaik. Better late than not at all.

    Ini resensi pnya aku http://h23bc.blogspot.com/2014/03/pembunuhan-atas-roger-ackroyd.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee iyaa, untung banget baca yg ini bikin nagih! serial-nya papa poirot? wooow..
      iyaa, sudah berkunjung dan komen juga.. makasih udah berkunjung yaa.. :)

      Hapus