[Random Post] Sudut Buku: Menulis


Pada saat orang diharuskan untuk menulis sesuatu, pada saat tertentu, belum tentu orang tersebut dapat menuliskannya. Orang itu adalah aku. Entah apakah orang lain juga mengalaminya.

Aku suka menulis, pada saat-saat tertentu. Pada saat aku ingin menulis. Pada saat sedang 'mood' untuk menulis. Memang, bagiku menulis membutuhkan mood. Tak ada mood, tak bisa menulis, walaupun ada banyak hal yang bisa ditulis.

Aku suka menulis ... reportase. Membosankan bukan? Sejak dulu aku menyimpan jurnal dan yang tertulis di sana adalah laporan kegiatan. Sejak dulu aku ingin bisa menulis fiksi. Tapi entah kenapa sampai sekarang pun tak pernah bisa. Tak pernah selesai. Ide yang didapat pun tidak istimewa. Berbeda dengan menulis esai. Karena aku suka mengumpulkan informasi, menulis dalam bentuk jurnal atau reportase, tulisan yang kuhasilkan juga cenderung 'kaku'. Tidak ada tokoh utama, seperti dalam fiksi. Esai adalah jenis tulisan yang bisa dibilang cukup berhasil kuhasilkan. Lumayan, sudah ada yang mengakui bahwa beberapa esaiku bermutu. Jadi, mungkin ke depan aku bisa menghasilkan lebih banyak esai bermutu lagi.

Mari menulis!
Membaca penting untuk memperkaya informasi yang akan dituangkan dalam tulisan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar