Minggu, 18 Agustus 2013

Chloe Cewek Detektif: Rahasia Keluarga Shackleton


Judul: Rahasia Keluarga Shackleton
Judul asli: Double Cross
Penulis: Norah McClintock (2000)
Penerjemah: Lala Herawati Dharma
Penyunting: Rika Iffati Farikhah
Penerbit: Kaifa
Tahun: 2006
Genre: Misteri, Petualangan, Young-Adult

"Manusia tidak selamanya sama, setiap manusia bisa berbeda jika berhadapan dengan orang yang berbeda."
- Levesque -

Kesan pertama Chloe ketika bertemu dengan Jonah Shackleton di sekolah membuatnya tidak ingin mengenalnya lebih jauh. Cowok itu selalu bersikap memusuhi dan kasar pada siapa saja. Bisa ditebak kalau dia tidak punya teman. Namun siapa sangka kalau ternyata sikap memusuhinya itu berakar dari kasus lima tahun yang lalu. Hampir semua orang di East Hastings, kota kecil di Kanada, menganggap bahwa (berdasarkan keputusan pengadilan) ayahnya yang membunuh ibunya. Ia tidak percaya, bahkan merasa sangat yakin kalau ayahnya sama sekali bukan pelakunya. Chloe sendiri merasa heran kenapa ia menaruh minat pada hidup dan permasalahan Jonah, bahkan sampai bisa dibilang ingin membantu, padahal dengan gigih ia sendiri dimusuhi Jonah karena dianggap terlalu ikut campur. Bagi Chloe, Jonah sungguh orang yang aneh karena orang yang ingin membantunya justru ingin diusirnya jauh-jauh. Namun demikian, Chloe tak bisa melepaskan kasus itu begitu saja. Bagaimana Jonah bisa begitu yakin kalau ayahnya tidak bersalah? Pasti ada alasannya.


Entah apakah itu keberuntungan atau kesialan, tapi yang jelas Chloe diminta untuk menjadi relawan tutor bahasa Perancis dan ia harus mengajari Jonah. Sedikit demi sedikit Chloe dapat memahami Jonah, walaupun sering dikasari dan disakiti, sampai ia didorong dan kakinya terkilir hebat. Namun Jonah juga biang masalah, ia langsung saja berkelahi dengan siapa saja yang menjelek-jelekkan ayahnya. Tak heran kalau suatu saat ia babak belur. Saat itulah Chloe berkunjung ke kediaman Jonah, walaupun masih menggunakan tongkat berjalan untuk mengajari Jonah bahasa Perancis (walaupun sebetulnya ingin mengorek lebih jauh tentang kasus ibunya itu). Lama kelamaan, Jonah mulai timbul rasa percayanya pada Chloe. Ia mulai bisa diajak kerja sama untuk memecahkan kasus.

Chloe mempunyai seorang teman bernama Ross yang tak lain adalah editor koran sekolah, dimana Chloe juga salah seorang penulis artikel disitu. Sebetulnya Ross enggan memberikan bantuan pada Jonah, walaupun ia beralasan hanya untuk membantu Chloe karena Jonah pernah membuat rahangnya patah. Sebetulnya, ayah tiri Chloe, Levesque adalah seorang kepala polisi di East Hastings, hal itulah yang mula-mula membuat Jonah membencinya, menganggapnya penghianat. Sikapnya yang suka menyelidik itu mungkin karena pengaruh ayahnya. Beberapa kali ia diperingatkan agar tidak berbuat ceroboh karena siapa tahu ia dapat menemui bahaya. Dan ternyata, ketika kasus semakin mendekati jalan terang, semakin dekat pula ia dengan bahaya. Berhasilkan ia mengetahui kebenaran kasus itu? Benarkah ayah Jonah memang pelakunya?

Novel ini kutemukan di tumpukan buku-buku diskon, sampulnya berwarna biru tua. Beruntung sekali dapat menemukannya dan membelinya dengan harga murah. Ternyata nggak nyesel beli buku ini karena ceritanya bagus. Edisi terjemahan menggunakan bahasa santai dan gaul, khas anak muda sehingga ceritanya mengalir. Tapi bahasa Indonesia-nya baik, sehingga tidak mengganggu dalam membaca ceritanya. Buku aslinya berjudul Double Cross, dan ternyata seri Chloe ada banyak judul. Sebetulnya di tumpukan buku-buku diskon itu ada seri Chloe yang lain, bersampul merah, tapi aku lupa judulnya. Ketika aku mencarinya lagi, ternyata sudah tidak ada. Nyesel karena nggak langsung dibeli. Setelah bertahun-tahun nggak pernah menemukan seri Chloe, ternyata buku ini dicetak lagi dengan cover berbeda, warnanya kuning. Karena itulah jadi terdorong untuk me-review buku ini yang telah lama bertengger di lemari (hehehee..). Buku ini sekarang merupakan seri Chloe & Levesque. Edisi terjemahan dan aslinya memiliki judul yang berbeda, jadi entah yang mana judul yang terjemahan dan aslinya...
(-______________-")

Seri Chloe & Levesque:
1. Huru-Hara Pesta
2. Tebing Kematian
3. Jejak Para Pembunuh
4. Misteri Pondok Liburan
5. Sang Tertuduh
6. Rahasia Rawa Cemara
7. Rahasia Keluarga Shackleton

About the Author:
Norah McClintock
Norah McClintock adalah penulis fiksi Kanada dengan genre young-adult yang telah memenangkan beberapa penghargaan. Ia lahir dan dibesarkan di Montreal, Kanada. Ia meraih gelar kesarjanaan di bidang sejarah dari McCill University. Ia bekerja sebagai editor dan penulis di sektor nirlaba selama 15 tahun, tapi sekarang ia bekerja penuh sebagai penulis. Norah sejak dulu sangat tergila-gila pada kisah misteri. Pada tahun 2000 ia masuk perguruan tinggi untuk polisi sipil di Toronto. Sekarang ia tinggal di Toronto. Ia adalah anggota dari Canadian Society of Children's Authors, Illustrators, and Performers dan Crime Writers of Canada. Norah telah empat kali memenangi Arthur Ellis Award untuk crime-fiction remaja terbaik di Kanada.

Karya:
The Mike & Riel Series
The Robyn Hunter Series
The Chloe & Levesque Series
Ryan Dooley Series
Other Works

8 komentar:

  1. Wah saya mencari serial ini, kalau tidak salah saya belum punya yang ke 4 dan 6 (pokoknya kurang 2 judul, lupa yang mana) sudah mencari ke mana-mana tidak ketemu >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang udah lama banget ini mbak.. wah, beruntungnya bisa ngumpulin banyak, aku cuma dapet satu ini.. padahal pas beli ini ada satu lagi >.< nyeseeell..

      Hapus
    2. oh salah, ternyata kurang no.1 dan no.6 :D iya, dulu pertama beli juga yang buku ini waktu masih SMA nyisihin uang saku, masih yang cover lama (judul lama: Melacak Pembunuh Mary Shackleton). Bersyukur juga waktu kuliah dapet yang lain di toko buku Mizan-nya walau tetep udah ngga lengkap.

      Hapus
  2. di tangan lagi ada seri chloe yang judulnya misteri pondok liburan,.. lagi cari2 review biar yakin baca.. habis baca review ini, lagi kepengen baca.. makasih reviewnya... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. serius?! pengen baca juga dong.. >_< dapetnya dari mana? seri ini udah susah banget dicarinya..

      Hapus
    2. haha, kayaknya bakalan susah dapet, di pustaka wilayah Aceh :D :D

      Hapus
  3. Salam kenal.

    Aku juga pengen beli serial lengkapnya. Kalau ada info dimana bisa beli ketujuh bukunya, share ya. Edisi bekas pun tak apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah jarang banget ini seri mbak.. mungkin di toko buku online second ada, misal kawanbuku.com.. coba aja mbak

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...