Kamis, 16 Januari 2014

Liebster Blog Award 2014

Sebelumnya aku mau berterima kasih ke Indah dari Indah's Book Dreamland yang sudah mencolekku buat ikutan event ini. Entah event ini asalnya dari mana, tapi karena buat seru-seruan, kupikir: "okay! I'll give my shot!"

Sayangnya aku postingnya telat nih, mungkin udah ketinggalan berhari-hari. Ini gara-gara ujian yang menyita waktu hampir sebulan, tepatnya 3 minggu di bulan Januari! Selama sebulan juga di Desember tahun lalu aku mempersiapkan buat ujian ini, hufftt.. Karena itulah jadi jarang nge-blog *lhah, malah curhat*

Well, enough with the chit-chat, sekarang kita ke tema: Liebster Blog Award. Apaan sih itu? Intinya sih ini serba 10, jawab 10 pertanyaan dari orang yang nge-tag, bikin 10 random facts diri sendiri, dan lempar 10 pertanyaan buat 10 blogger lainnya. Tapi bingungnya masih bisa nge-tag orang nggak ya? Secara udah lewat lama. *maaf ya, buat yang nge-tag aku... hani-nya lelet nih :P*

Ini pertanyaan yang diajukan Indah buat kujawab:

1. siapa pengarang fave kalian? dan mengapa kalian menyukai karyanya dan apa yang membedakan dia dengan pengarang lainnya?
Pengarang favorit, jelas sang ratu misteri Agatha Christie. Karyanya banyak jadi kalau pengen baca lagi dan lagi masih banyak judulnya lainnya. Selain itu juga karyanya bikin nagih! Nggak kebayang gimana kalau semua karya beliau udah kubaca semua...


2. buku apa yang paling berkesan? dan apa yang membuatnya berkesan?

Hmm, ini bingung memutuskan antara Pembunuhan Atas Roger Acroyd atau Mr. Quin yang Misterius, karena keduanya sama-sama berkesan dalam hal yang berbeda. Di Pembunuhan Atas Roger Acroyd berkesan banget karena ending yang betul-betul di luar dugaan. Kalau Mr. Quin yang Misterius itu menarik karena ada tokoh non-detektif yang jadi dalang pengungkap misteri.


3. kalau kalian bisa 'menyicipi' sekilas kehidupan dari tokoh yang pernah kalian baca di buku, karakter mana yang akan kalian pilih, dan mengapa dia?

Setelah berpikir-pikir, jadi pengen nyoba jadi Miss Marple. Bukan berarti aku pengen cepet tua lho ya, tapi Miss Marple itu sampai tua nalarnya masih tajam. Kepingin deh, sampai tua masih 'sharp' kayak Miss Marple. Selain itu kayaknya kehidupan di desa Miss Marple banyak kejadian seru, nggak kayak di desaku, tenang-tenang aja *lho, kok malah pengen yang heboh? ckckck*


4. buku mana yang sekelar membacanya membuat kalian merasa telah membuang waktu dengan percuma? apa yang membuat kalian merasa demikian?

Hufft, kalau yang ini belum pernah. Soalnya kalau emang sampai aku merasa buang-buang waktu buat baca, aku nggak sampai selesai membacanya. Biasanya suka berhenti di tengah. Tapi aku nggak merasa buang-buang waktu sih, mungkin cuma karena nalarnya belum sampai aja jadi nggak kuat bacanya. Misalnya buku bahasa Inggris, dan bulan lalu baru aja naruh lagi buku ke rak perpus sebelum selesai karena nggak kuat baca hisfic bahasa Inggris.


5. kutip donks bagian paling berkesan dari buku yang pernah kalian baca, dan mengapa kalian memilih kalimat itu?

"All I can do is doing all I can," di Someday's Dreamers: Spellbound karya Yamada Norie. Ini sebetulnya light novel, tapi aku baca manga-nya, yang digambar oleh Yoshizuki Komichi. Kata-kata ini diucapkan oleh Nami Matsuo, yang sebetulnya orangnya pasrah banget, tapi sekali itu dia kepingin melakukan hal untuk orang lain, tak peduli apakah orang itu mau menerima atau tidak, yang penting dia berusaha keras. Kata-kata ini terekam terus dan bahkan jadi penyemangatku biar mau berusaha dulu sebelum menuntut macam-macam :)


6. hal2 apa yang menjadi pertimbangan dalam membeli buku? dan seberapa penting rekomendasi dari orang yang telah membaca buku tersebut?

Ini tergantung mood. Tapi kebanyakan buku yang kubeli adalah buku yang blurb-nya menarik. Ada juga sih buku yang menurutku blub-nya menarik dan pantas dibeli, tapi ketika melihat harga yang nggak buy-able, yah, cuma bisa gigit jari. Ketebalan buku juga menjadi pertimbangan, tapi ini tergantung mood, walaupun ketebalan buku berbanding lurus dengan harganya, hal ini nggak berlaku buat buku-buku diskon.


7. ada buku tertentu yang saking kerennya bikin kalian berharap kalian bisa menulis seperti itu?

Lima Sekawan dan Harry Potter! Lima Sekawan dengan petualangan dan teka-tekinya, Harry Potter dengan fantasinya. Dulu berangan-angan pengin nulis tentang teka-teki atau misteri, dicampur dengan petualangan dan fantasi yang seru! Pernah ada draft-nya dan nggak selesai, dan ilang karena komputernya rusak :(


8. buku mana yang endingnya paling mengecewakan? 

Apa yaa?? Kalau 'paling' rasanya nggak ada. Mengecewakan iya mungkin, tapi nggak terlalu sih. Biasanya kecewa karena kok ceritanya udah selesai? Hehehee... Maunya pengin lagi...


9. rekomendasiin donks 3 buku yang menurut kalian perlu bangets dibaca untuk sebanyak mungkin orang, dan kenapa kalian memilih ketiga buku itu?

Seri Lima Sekawan by Enid Blyton: membuat masa kecilku bahagia...
Seri Detektif Conan by Aoyama Gosho: membuatku berkenalan dengan misteri, teka-teki, dan dunia per-detektif-an...
Seri Harry Potter by J.K. Rowling: membuatku berkhayal dan menganggap buku fantasi adalah tempat pelarian dari dunia nyata...


10. if you could meet your fave author, dead or alive, siapa orangnya, dan pertanyaan apa yang paling ingin kalian ajukan ke dia?

Me to Agatha Christie: Ma'am, how did you write so many stories? How did you get the ideas of those stories? (eh, itu dua pertanyaan ya?)


Nah, sekarang 10 things about me:


1. Kasur adalah tempat nongkrong favoritku: baca buku, belajar, kerja pake laptop di atas kasur. Tapi, pantang makan di kasur.

2. Olahraga favoritku adalah renang. Kalau lagi mood, bisa sampai 3 kali seminggu renang. Biasanya renang jadi pelarianku kalau lagi banyak masalah yang bikin ruwet dan pengen ngeluh terus-terusan.

3. Kalau pake sepatu, harus selalu pake kaos kaki, apapun bentuk sepatunya. Ini kayaknya bawaan sejak dari TK.

4. Aku suka main 'sudoku'. Dulu pusing waktu tahu permainan ini pertama kali di SMP, tapi setelah bisa jadi suka.

5. I'm a deadliner. Kayaknya kalau belum kepepet belum mood untuk berbuat. Harus diberantas penyakit ini!

6. Pengin bisa ngetik 10 jari dengan benar, jadi kalau ngetik nggak usah lihat keyboad, lihat monitor aja, biar cepet. Sekarang udah lumayan sih ke-10 jari tangan bisa kerjasama kalau ngetik, tapi ada yang bilang kalau ngetik 10 jari itu ada aturannya.

7. Aku jadi suka beliin kado berupa buku setelah dapet kado buku dari adikku. Soalnya pas banget itu buku yang aku suka. Gara-gara itu sekarang di keluargaku kalau ada yang ulang tahun, biasanya kadonya buku.

8. Pengalaman yang pernah kualami dan sensasinya aneh menurutku adalah pengalaman kepleset. Sensasi kepleset itu antara reflek bertahan untuk berdiri dan siap-siap jatuh. Ada kepleset yang akhirnya jatuh dan ada kepleset yang karena keseimbanganku yang oke punya *halah* aku masih bisa tetep berdiri. Pertama, waktu kecil aku kepleset di atas adukan semen pas renovasi rumah, ini sensasinya kayak lari di tempat terus jatuh telungkup. Kedua, aku kepleset di kelas waktu SD pas piket, ini ceritanya mau pura-pura nendang temen tapi karena pake rok panjang jadi terjengkang ke belakang. Ketiga, aku kepleset di depan kelas pas masuk kelas buru-buru gara-gara telat, sepatu licin habis hujan, waktu di kuliah. Ini untungnya masih bisa berdiri, tapi di depan dosen! -______-"

9. I love cat! Kucing yang dipunya selama ini hanya sebatas kucing kampung, ditemu pula. Udah silih berganti kucing-kucing yang pernah kupelihara. Ada yang berakhir mati, menghilang atau kabur, dan yang beranak pinak dan diberikan ke orang.

10. Kalau nonton film nggak cuma gambar dan ceritanya yang diperhatiin, tapi juga soundtracknya. Playlist-ku banyak berisi soundtrack film, misalnya: The Pirates of The Caribbean, The Chronicles of Narnia, Sherlock Holmes terutama yang judulnya Discombobulate, dan kebanyakan memang instrumental.


Selanjutnya, harusnya aku kasih 10 pertanyaan yang di-tag ke 10 orang blogger. Tapi karena udah lewat, postingan ini buat bayar 'hutang' dan have fun aja sih. Dan yang baca ini pasti ketahuan kalau aku orangnya aneh. Hehehehee...


Have fun!

@mahdiyanti

2 komentar:

  1. yuhuu.. terima kasih udah menjawab pertanyaan2nya :D

    hahaha.. bener, agatha christie itu nagih! setelah sekian lama gua hanya mengidolakan enid blyton, sekarang ini agatha udah ikut masuk dalam jajaran penulis fave gua :))

    selamat menyambut akhir pekan ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeeey, akhirnya kau 'teracuni' juga jadi suka Agatha Christie... hahahaa..

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...