Kamis, 19 Februari 2015

Neraka Cermin by Ranpo Edogawa



goodreads
Judul: Neraka Cermin
Penulis: Ranpo Edogawa
Alih Bahasa: Anton W.P
Ilustrasi Sampul: Isthis Comic
Penerbit: Katta (2011)
Edisi Bahasa Indonesia, Softcover, 102 hlm.

Salah satu sahabat paling aneh yang pernah kukenal adalah Kan Tanuma. Dari semula aku sudah menduga jiwanya tak stabil. Beberapa menyebutnya aneh, tapi aku yakin dia gila. Dia adalah seorang maniak yang tergila-gila pada apapun yang memantulkan bayangan, juga semua bentuk lensa.
– kisah Neraka Cermin

Komentar:
s.e.r.a.m
sampai ke tingkat: merinding dan bikin parno

akhirnya aku tahu seperti apa tulisan Ranpo Edogawa walaupun terjemahan. thriller-nya asli superb! rasanya sampai mual membayangkan >.<

kisah Jurang mengingatkanku pada Gone Girl, tapi di kisah ini bisa diceritakan dengan sangat singkat dibandingin sama Gone Girl yang ratusan halaman. Jurang ini cerita pendek yang bahkan isinya sebagian besar dialog antara 2 tokoh. Ini cerita yang kusuka dari kumpulan cerita pendek di dalamnya.

Kisah Kembar bisa ditebak. Tapi bagian akhirnya agak konyol. Karena kekonyolannya sendirilah si penjahat tertangkap. Puas banget pas baca penjahatnya ketahuan, salah sendiri jahat!

Cerita yang paling nge-twist menurutku Kursi Bernyawa. Awalnya unik, tapi berkembang dan makin lama makin serem, dan akhir-akhirnya nggak terduga. Rasanya kepingin ketawa kecut dan kesel setelah baca akhirnya, tapi salut sama twist-nya yang nggak ketebak.

Neraka Cermin dan Dua Orang Pincang agak mengandung sci-fi, tapi tetep thriller. Soalnya melibatkan sains (Neraka Cermin) dan psikologis-medis (Dua Orang Pincang). Jadi penasaran sama teori bola cermin, ada apa ya di dalamnya? Trus jadi sebel banget di kisah Dua Orang Pincang, kok bisa ada orang yang ngakunya temen tapi manfaatin kelemahan temennya buat kejahatan?!

Kalau cerita yang paling seram, menurutku yang judulnya Ulat. Udah deskripsinya serem, ceritanya serem, akhirnya pun serem. Cerita yang ini yang paling bikin parno. Mana ditaruh di cerita terakhir. Jadi teringat-ingat terus... hiiiiyyyy >.<

habis ini skip dulu baca thriller. ga tega... >.<

Tentang Penulis:
goodreads
Edogawa Ranpo
Born: in Mie, Japan October 21, 1894
Died: July 28, 1965
Hirai Tarō (平井 太郎), better known by the pseudonym EDOGAWA Rampo (江戸川 乱歩), sometimes romanized as "Ranpo Edogawa"), was a Japanese author and critic who played a major role in the development of Japanese mystery fiction.

Ranpo merupakan penulis Jepang terkemuka dalam genre misteri dan kisah menegangkan...
 - The Journal of Asian Studies -

Edogawa Rampo merupakan pengarang yang dijuluki sebagai Bapak Cerita Misteri Jepang. Walau terlahir dengan nama Hirai Taro, nama pena Edogawa Rampo sudah digunakan saat memulai debutnya saat menulis cerita misteri berjudul Nisen Doka (Uang Logam Tembaga Dua Sen). Nama ini diambilnya dari pengucapan nama penulis Edgar Allan Poe dalam bahasa Jepang.

Sepanjang hidupnya, Rampo pernah menjadi penjual mie soba keliling, pegawai toko buku, salesman, akuntan, editor koran, kartunis, dan akhirnya menemukan jalan hidupnya sebagai penulis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...