Minggu, 30 Agustus 2015

Kejutan di Gunung Es (Ice Shock) oleh M.G. Harris (The Joshua Files #2)



Judul: Kejutan di Gunung Es
Judul Asli: Ice Shock
Penulis: M.G. Harris (2009)
Alih Bahasa: Nina Andiana
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama (2010)
Edisi Bahasa Indonesia, Softcover, 368 hlm.

Blurb:
Josh yakin kematian ayahnya bukan kecelakaan, meskipun tak ada yang memercayainya. Tetapi kini petunjuk-petunjuk baru berdatangan lewat kartu pos, seakan seseorang bicara padanya dari Veracruz, Meksiko.

Tak ada jalan lain. Josh harus kembali ke Ek Naab dan menyelidiki semuanya, termasuk misteri Gelang Itzamna, di tengah kejaran Simon Madison – si Nissan Biru.


Komentar:
Pertama kali baca buku ini, kupikir Josh itu cewek, hahaa. Itulah makanya kalau buku berseri sebaiknya dibaca dari buku pertama dulu. Jadi, Josh itu sebetulnya cowok, dan itu baru kusadari setelah beberapa bab.

Setelah buku pertama kulahap, buku kedua ini kubaca ulang. Dan aku mendapatkan kesan yang berbeda setelah membacanya. Pemahamanku jadi lebih utuh. Kejutan yang diterima Josh di Gunung Es itu jadi terasa lebih ‘nendang’ setelah kubaca untuk kedua kalinya. Seperti ketika membaca buku pertama, buku ini juga memberikan kenikmatan tersendiri waktu membacanya.

Di buku kedua ini Josh bertualang dengan Ixchel, walaupun ia seringkali minta bantuan Tyler dengan meneleponnya di Inggris. Ya, Josh tidak di Inggris, tapi di Veracruz, salah satu negara bagian Meksiko. Eh, tapi tidak hanya di Veracruz, Josh dan Ixchel bertualang mengelilingi Meksiko, ke kota-kota yang ada bangunan atau reruntuhan kuno peradaban Maya untuk mengumpulkan petunjuk. Aku berasa ikut tur keliling Meksiko bersama mereka.

Petualangan Josh bermula dari kartu-kartu pos dari Meksiko yang diterima Josh di Inggris dari pengirim yang tak dikenal. Isi kartu-kartu pos itu ditulis dengan sandi. Awalnya Josh tidak terlalu memperhatikannya sampai ia sampai di Veracruz menemui Ixchel. Di sana, Ixchel mengajak Josh menyelidiki sesuatu. Kartu-kartu pos itu ternyata penting, dan setelah mengikuti petunjuk dari sandi rahasia di kartu-kartu pos itu, Josh sampai di Gunung Orizaba, yang walaupun terletak di daerah tropis, puncak gunung itu diselimuti salju. Di puncak gunung itu, Josh mendapatkan kejutan yang tak ia sangka-sangka.

Dan lagi, masalah 2012. Masalah itu dianggap penting di peradaban Maya yang sekarang. Sebetulnya apa sih, masalahnya? Kenapa Josh sampai terlibat? Walaupun sebisa mungkin Josh tidak ingin terlibat, tetap saja ia tak bisa lepas dari masalah ini. Padahal Josh hanya kepingin hidup normal.

Waktu kubaca pertama kali, banyak sekali istilah yang tidak kumengerti. Tapi setelah membaca buku pertamanya, aku jadi paham. Mungkin akan lebih baik kalau disediakan glosarium di belakang buku untuk menjelaskan istilah yang tidak umum. Kalau catatan kaki rasanya akan menggangu untuk pembaca yang sudah membaca buku pertamanya.

Lalu, seperti kalimat penutup buku ini, maka kisah ini juga masih belum selesai

2 komentar:

  1. Aku udah beli bukunya tapi belum baca, hehe. Moga segera ada waktu baca :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo baca mbak.. aku juga nggak nyangka aku bisa menikmati.. :D

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...