Senin, 31 Oktober 2016

Book-Related & Posbar BBI 2016 Oktober: Penulis yang Beken dengan Karya Supernatural-nya

Halo~! Happy October~!

Bulan Oktober di dunia barat sana identik dengan perayaan Hari Halloween. Walaupun di Indonesia nggak ada budaya begitu, tapi tema supernatural tetap melekat di bulan Oktober. Karena itulah, Posbar BBI 2016 bulan Oktober ini bertema ‘Supernatural’. Hani akan membahas tentang penulis-penulis yang beken karena karya-karyanya yang berbau supernatural untuk ikut menyemarakkan Posbar BBI bulan ini.

Penulis yang Hani bahas di sini nggak hanya penulis novel saja, tapi ada juga yang beken karena gambarnya. Yup, selain novel, genre yang berbau supernatural juga populer dalam bentuk komik, webtoon, dan adaptasi drama televisi. Sebagian besar Hani ketahui karena Hani memang membaca karya-karyanya. Yuk, kita simak bareng-bareng!

R.L. Stine

Poster Film Goosebumps
Beliau ini beken karena hampir semua tulisannya bertema supernatural. Hantu, terror makhluk jadi-jadian, kutukan, jadi tema hampir semua tulisan beliau. Sebut saja Goosebumps yang artinya merinding, sudah bisa dipastikan tujuannya adalah membuat pembacanya merinding. Seri ini juga sudah diadaptasi dalam bentuk serial televisi dan juga telah difilmkan baru-baru ini. Kalau Goosebumps sasarannya untuk middle-grade, maka Fear Street yang juga karya beliau sasarannya untuk remaja. Temanya juga sama, supernatural dan horror utamanya dengan suspense sebagai pelengkapnya. Selamat merinding ria membaca karya-karya beliau ya!

Jonathan Stroud


Penulis satu ini sebetulnya sudah beken duluan dengan karya high-fantasy-nya yaitu Bartimeus Trilogy. Tapi kemudian beliau membuat serial baru yang kental dengan elemen supernatural dan horornya, yaitu Lockwood & Co. yang mencuri perhatian. Deskripsi cerita Lockwood & Co. benar-benar bikin merinding! Selain itu, trio Anthony Lockwood, Lucy Carlyle, dan George Cubbins sangat seru untuk disimak kalau mereka sudah sibuk berburu hantu. Silakan baca bukunya malam-malam kalau berani!

Akiyoshi Rikako

Sampul Novel Girls in The Dark (Goodreads)
Sampul Novel The Dead Returns (Goodreads)
Poster Film Girls in The Dark (Ankoku Joshi)
Asia juga nggak mau kalah dengan dunia barat tentang karya-karya yang berbau supernatural. Seperti beliau ini, novelis Jepang yang mengkhususkan diri untuk menulis novel yang bertema supernatural dan suspense. Karya-karya beliau seperti The Dead Returns dan Girls in The Dark yang sudah diterjemahkan, melibatkan hantu di sekolah sebagai intinya. Belum lagi tingkat suspense yang lumayan menantang untuk Girls in The Dark, membuat cerita beliau selalu bikin penasaran! Berita terakhir menyebutkan kalau Girls in The Dark akan dibuat versi film-nya, lho! Trailernya juga sudah keluar. Mari coba diintip yuk!

Ono Fuyumi

Sampul Novel Ghost Hunt (Akuryo) (Wikipedia)
Sampul Manga Shiki (Wikipedia)
Masih dari Jepang, novelis ini pernah menerbitkan novel bertema supernatural dua puluh tahun yang lalu, tapi Hani masih bisa menikmatinya. Bagaimana tidak, novelnya yang berjudul Ghost Hunt (Akuryo) laris diadaptasi dalam berbagai bentuk. Ada serial manga-nya sampai serial anime yang diputar di televisi. Ceritanya sangat menarik bagi Hani karena hantu dan makhluk supernatural lain yang disebutkan di dalamnya sangat khas Jepang. Dulu novelnya pernah diterjemahkan, tapi Hani baca versi manga-nya dan menonton animenya. Ada karya beliau yang lain yang juga mengambil tema supernatural yaitu Shiki. Hani juga membaca versi manga dan menonton anime-nya. Dua-duanya sama-sama bikin merinding!

Kaminaga Manabu

Sampul Novel Psychic Detective Yakumo (Shinrei Tantei Yakumo) (Goodreads)
Sampul Novel The Conductor (Goodreads)
Novelis Jepang satu ini juga beken karena karyanya yang berjudul Psychic Detective Yakumo (Shinrei Tantei Yakumo) yang selain melibatkan unsur supernatural juga ada unsur misteri penyelidikannya. Pasalnya, Yakumo, si tokoh utamanya ini, bisa melihat hantu dan sering memecahkan masalah dengan kemampuannya itu. Novel ini juga sudah diadaptasi dalam bentuk manga, anime, dan drama televisi. Manga-nya sampai ada beberapa versi dan telah diterbitkan di Indonesia juga. Sekarang terjemahan novelnya juga sudah terbit baru-baru ini. Karya lain beliau, The Conductor yang bercerita tentang sekelompok pemusik dengan latar belakang gelap juga sangat mendebarkan karena adanya elemen thriller dan suspense-nya. Tapi sisi psikologisnya lebih mendominasi daripada supernaturalnya. Tertarik baca?

Sa Da-Ham
Banner Webtoon Supernatural Investigation Department (S.I.D)
Adegan dalam cerita
Kalau beliau ini beken karena karyanya yang berupa webtoon. Webtoon-is Korea ini juga mengangkat tema supernatural dalam karyanya yang berjudul Supernatural Investigation Department (S.I.D). Inti ceritanya hampir seperti gabungan antara Lockwood dan Yakumo. Bedanya, semua ceritanya diekspresikan dalam bentuk gambar penuh warna yang indah sekaligus menyeramkan! Indah karena tokohnya digambarkan tampan dan cantik, tapi gambar hantunya sangat mengerikan dan kemunculannya sungguh mengagetkan! Jangan dibaca malam hari kalau nggak kepingin mimpi buruk!

Im In-Seu
Banner Webtoon Let's Fight Ghost
Poster Drama Televisi Let's Fight Ghost (Wikipedia
Beliau adalah webtoon-is dari Korea juga dengan karyanya yang mengandung unsur supernatural berjudul Let’s Fight Ghost. Sayangnya, gambarnya tidak semenarik S.I.D. Tapi inti ceritanya tentang pemuda pengusir hantu amatir yang berteman dengan hantu membuat Hani tertarik untuk membacanya. Untungnya baru-baru ini karya beliau diadaptasi dalam bentuk drama televisi. Ceritanya juga diubah lebih seru dengan menambahkan unsur suspense. Ditambah dengan aktor ganteng dan aktris cantik sebagai lakonnya, menjadikan versi dramanya lebih menyenangkan untuk diikuti.

Risa Saraswati

Sampul Novel Gerbang Dialog Danur (Goodreads)
Indonesia juga nggak mau kalah dong dengan karya-karya supernaturalnya. Misalnya tulisan Kak Risa Saraswati yang berjudul Gerbang Dialog Danur ini, sukses membuat Hani gemetaran. Apalagi dilengkapi dengan sampul yang kesan seramnya sangat kental, sudah jelas menggambarkan isi novelnya. Walaupun gemetaran, Hani tetap merasa kalau beliau sudah menulis novel yang bagus. Baca novel horror itu seperti makan sambal, walau kepedasan tetep aja dimakan terus. Jadi ingin baca karya beliau yang lain, deh.

Ruwi Meita

Sampul Novel Rumah Lebah (Goodreads)
Sampul Novel Alias (Goodreads)
Pertama kali Hani tahu karya Kak Ruwi Meita adalah novel beliau yang berjudul Misteri Patung Garam. Karya beliau ini temanya psychological-thriller dan mystery-suspense. Tapi sewaktu Hani ingin tahu karya beliau yang lain, ternyata beliau ini beken karena tulisan supernaturalnya lebih dulu, yaitu novelnya yang berjudul Rumah Lebah. Hani baru baca novel beliau yang judulnya Alias, dan kesan supernaturalnya sangat terasa. Bagi yang suka ‘menyiksa diri’ dengan bacaan yang bikin merinding, mendebarkan, dan bikin penasaran, silakan baca karya-karya beliau.

---
Posbar BBI Oktober 2016
Masih gemetaran? Atau masih kurang seram? Mungkin masih ada banyak kisah supernatural yang ditulis oleh orang-orang ahli dalam bidang ini di luar sana yang tidak Hani ketahui. Kalau teman-teman tahu lebih banyak daripada Hani, mari saling berbagi! Hani tidak selalu baca yang horror, tapi sesekali menantang adrenalin dan keberanian boleh, dong. Setelah jantung berdetak cepat dan badan berkeringat dingin, Hani biasanya melakukan ‘pendinginan’ dengan mambaca cerita ringan atau romance. Biasanya dengan begitu romance-nya bisa jadi lebih 'nendang'. Hehehee…

Terima kasih sudah menyimak! Jangan lupa kunjungi blog-blog BBI lain yang membahas tentang supernatural ini ya! Siapa tahu nanti teman-teman akan menemukan yang lebih seram…



REFERENSI:

2 komentar:

  1. aku penasaran pingin baca buku2nya risa saraswati tapi ngga beraniii hahaha soalnya aku penakut banget kalau masalah perhantuan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bacanya di tempat rame mbak, biar ngga takut.. hehehee :D

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...