[Book Review] Semester Pertama di Malory Towers oleh Enid Blyton

Semester Pertama di Malory Towers (Malory Towers, #1)Semester Pertama di Malory Towers by Enid Blyton
My rating: 3 of 5 stars
Alih Bahasa: Djokolelono
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama (1984)
Paperback, Edisi Bahasa Indonesia, 248 hlm.

Blurb:
DARRELL RIVERS mulai bersekolah di Malory Towers sekolah berasrama di tepi pantai, khusus untuk anak perempuan, di mana tenis dan renang merupakan kegiatan utama. Dengan cepat ia bisa menyesuaikan diri, memperoleh beberapa teman baru, termasuk Alicia yang nakal tapi cerdas dan gemar melakukan berbagai muslihat untuk menjebak guru-gurunya. Tetapi dalam semester pertamanya Darrel tidak selamanya gembira.

Banyak persoalan pelik yang harus dihadapinya : sifatnya yang suka tak bisa mengendalikan diri bila marah, sikap Sally Hope yang aneh, dan godaan keterlaluan terhadap Mary Lou.

Review:
Buku ini dulu punya tantenya Hani, yang kemudian diwariskan ke Hani. Sekarang yang baca nggak cuma Hani tapi adik-adik Hani juga. Sebetulnya Hani sudah lama bacanya, dan baca ulang pun sudah berkali-kali, tapi Hani sedang dalam mood ingin bernostalgia. Hani kira buku pertama dan keduanya sudah terbit review-nya di blog ini, tapi ternyata belum. Padahal buku ketiga dan keempatnya sudah terbit review-nya. Hehehee..

Yah, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, kan?

Tokoh utama seri Malory Towers ini adalah Darell Rivers. Malory Towers adalah sekolah asrama khusus putri yang berada di daerah Cornwall di Inggris Raya sana. Murid-murid paling muda berumur 13 tahun. Buku ini bercerita tentang semester pertama Darell masuk sekolah itu.

Hani Sukaaa banget sama Darell yang jujur, Alicia yang kocak, dan Sally yang kalem dan bijaksana. Kocaknya khas anak-anak. Kehidupan anak-anak di sekolah asrama khusus cewek yang seru, khas anak sekolahan, tapi nggak ada cinta-cintaannya.. Yaa iyalah, kan khusus cewek..

Karena ditujukan untuk anak-anak, ceritanya sangat simpel. Bahasanya jelas. Terjemahannya juga enak. Tapi kalau dibaca sekarang rasanya bahasanya agak kaku kalau untuk anak. Yah, namanya juga buku lama, dulu terbit pertama di Indonesia tahun 1984. Mungkin versi cetak ulangnya lebih luwes. Walaupun begitu, seri Malory Towers ini adalah seri cerita anak perempuan sepanjang masa.

View all my reviews

Tentang penulis:

Enid Blyton


Born
in East Dulwich, South London, The United Kingdom 
August 11, 1897

Died
November 28, 1968

Website

Genre

Influences


Enid Mary Blyton (1897 - 1968) was an English author of children's books.


Born in South London, Blyton was the eldest of three children, and showed an early interest in music and reading. She was educated at St. Christopher's School, Beckenham, and - having decided not to pursue her music - at Ipswich High School, where she trained as a kindergarten teacher. She taught for five years before her 1924 marriage to editor Hugh Pollock, with whom she had two daughters. This marriage ended in divorce, and Blyton remarried in 1943, to surgeon Kenneth Fraser Darrell Waters. She died in 1968, one year after her second husband.

Blyton was a prolific author of children's books, who penned an estimated 800 books over about 40 years. Her stories were often either children's adventure and mystery stories, or fantasies involving magic. Notable series include: The Famous Five, The Secret Seven, The Five Find-Outers, Noddy, The Wishing Chair, Mallory Towers, and St. Clare's.

According to the Index Translationum, Blyton was the fifth most popular author in the world in 2007, coming after Lenin but ahead of Shakespeare.

See also her pen name Mary Pollock

Tentang penerjemah (Inggris - Indonesia):

Djokolelono

Goodreads Author


Born in Indonesia 
April 10

Genre

Member Since
February 2012

URL


adalah seorang penulis buku Indonesia tahun 70 hingga 80-an. Dia dikenal sebagai penulis buku fiksi-ilmiah seperti seri Penjelajah Antariksa (Bencana di Planet Poa, Sekoci Penyelamat, Kunin Bergolak), Jatuh ke Matahari dan sekuelnya, Bintang Hitam. Selain menulis buku fiksi-ilmiah, Djokolelono juga dikenal sebagai penulis buku anak-anak, seperti seri Astrid, dan beberapa cerita wayang. Djokolelono juga adalah seorang penerjemah. Buku-buku yang ia terjemahkan antara lain Petualangan Tom Sawyer dan karya Mark Twain yang lain, seri Pilih Sendiri Petualanganmu, seri cergam Mimin, seri Mallory Towers dan buku-buku Enid Blyton yang lain, dan seri Rumah Kecil Laura Ingalls Wilder[1]. Karya-karyanya diterbitkan oleh Pustaka Jaya (PT Dunia Pustaka Jaya), Gramedia, dan BPK Gunung Mulia.
 

2 komentar:

  1. Salah satu buku yang menemani masa mudaku #merasatua
    Udah direcover kenapa masih sudah dicari ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, rasanya pengen balik ke masa sekolah lagi.. hehehee..
      mungkin peminatnya banyak kak, jadi susah dicari.. coba cari di toko buku online juga :D

      Hapus