[Self-Challenge, Wrap Up] Authors Around the World 2017

www.timekeeperwatches.com
Halo!

Tahun 2017 ini sepertinya Hani nggak kapok untuk menantang diri sendiri. Kali ini, Hani ingin menantang diri sendiri dengan challenge Author Around the World 2017. Hani ingin mengetahui sudah pernah membaca buku dengan penulis dari mana saja selama tahun 2017. Challenge ini terinspirasi dari postingan di blog Lensa Buku.

Challenge ini bersifat pribadi. Tapi kalau ada yang kepingin ikut mengadaptasi, silakan saja. Berikut adalah penanda penulis buku dari berbagai tempat yang Hani rangkum dalam peta.



Hani jadi penasaran setelah tahun ini berakhir nanti. Kira-kira penulis dari mana saja yang bukunya sudah Hani baca, ya? Tapi tentunya Hani cuma bisa membaca dalam edisi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris saja. Kalau buku yang ditulis berbahasa selain kedua bahasa itu, maka buku yang Hani baca dari penulis tersebut adalah versi terjemahannya, baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.

Author Around the World 2017 begins!

---
Edit 23 Januari 2018

Tahun 2017 sudah berakhir. Maka, saatnya self-challenge ini untuk diakhiri pula. Berikut adalah rangkuman penulis dari buku-buku yang dibaca sepanjang tahun 2017:
  1. Rick Riordan (Amerika)
  2. S.J. Watson (Inggris)
  3. Agatha Christie (Inggris)
  4. Jonas Jonasson (Swiss)
  5. Liu Cixin (Cina)
  6. Brittany Cavallaro (Amerika)
  7. John Grisham (Amerika) 
  8. Amanda Bouchet (Amerika) 
  9. Winna Efendi (Indonesia)
  10. Windry Ramadhina (Indonesia)
  11. Roshani Chokshi (Amerika)
  12. Meg Cabot (Amerika)
  13. Sarah Andersen (Amerika)
  14. Ruwi Meita (Indonesia)
  15. Akiyoshi Rikako (Jepang)
  16. Julia Quinn (Amerika)
  17. Lemony Snicket (Amerika)

Sedangkan jika diurutkan berdasarkan asal negara penulis adalah sebagai berikut:

Amerika = 9
Indonesia = 3
Inggris = 2
Swiss = 1
Cina = 1
Jepang = 1

Ternyata dari 37 buku yang Hani baca dalam satu tahun, ditulis oleh 17 orang penulis yang berbeda. Jadi, memang banyak dari buku yang Hani baca adalah buku-buku berseri.

Buku yang Hani baca juga kebanyakan ditulis oleh penulis luar negeri, terutama penulis yang berasal dari negeri Paman Sam, baik dalam bentuk terjemahan atau edisi aslinya yang berbahasa Inggris. Buku yang Hani baca yang ditulis oleh penulis Indonesia hanya tiga. Ada dua penulis dari Inggris yang Hani baca bukunya. Sisanya, Hani membaca buku-buku yang ditulis oleh penulis yang berasal dari Swiss, Cina, dan Jepang, masing-masing satu buku.

Untuk tahun ini, Hani ingin memperluas daerah jangkauan dengan membaca buku-buku yang ditulis oleh penulis dari berbagai negara. Sayangnya, bahasa menjadi kendala utama di sini. Hani hanya menguasai 2 macam bahasa tulis, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jadi, untuk membaca buku-buku yang ditulis dari berbagai negara dan tidak ditulis dalam kedua bahasa tersebut, Hani hanya bisa mengandalkan terjemahan.

Kita lihat saja, apakah bisa terwujud? Nantikan di posting-an self-challenge ini untuk tahun 2018! (kalau memang ingin diadakan lagi, sih... hehehehee...)


Komentar