[Random Post, Self-Challenge] Lebih Bahagia di Tahun 2018


Halo!

Ada yang sering baca Line-Webtoon? Saya cukup sering membacanya. Banyak sekali webtoon favorit saya. Salah satunya We Are Pharmacist.

Dalam salah satu episode khusus untuk menyambut tahun baru, pengarang We Are Pharmacist membagikan kebiasaannya. Berikut gambar dari inspirasi kebiasaan sang pengarang yang saya ambil dari pinterest:


Hal tersebut membuat saya ingin melakukan hal yang sama. Karena itulah saya akan menantang diri saya sendiri untuk menuliskan hal-hal yang membahagiakan selama tahun 2018. Tapi hal itu tidak dilakukan tiap minggu, karena saya pemalas (hehehe...). Jadi saya akan melakukannya kalau memang sedang ingin. Tidak hanya hal yang membahagiakan, tapi saya juga akan menulis hal-hal yang membuat saya sedih, dengan format berbeda.

Saya menyiapkan satu pak kertas lipat kecil berwarna (origami paper) berukuran 7,5 cm sebagai 'modal'. Kalau saya mengalami hal yang membuat saya senang, saya akan menuliskannya di bagian putih, sedangkan kalau saya mengalami hal yang membuat saya sedih, saya akan menuliskannya di bagian yang berwarna. Kemudian, saya akan melipat kertas tersebut menjadi mawar. Saya sudah mulai membuat beberapa.


Karena belum punya toples, sementara 'mawar-mawar' tersebut saya simpan dalam wadah plastik. Nanti kalau memang sudah dapat banyak, akan dipindahkan ke tempat yang lebih besar dan memadai.

Kertas lipat yang saya beli memiliki banyak warna dan kebetulan jumlah warnanya bisa disesuaikan dengan jumlah bulan dalam setahun. Jadi, saya membuat format khusus. Untuk bulan Januari warna kertasnya merah, untuk bulan Februari warna kertasnya pink, dan seterusnya. Pada akhir tahun nanti, akan dilihat apakah lebih banyak 'mawar' berwarna atau 'mawar' putih. Jika lebih banyak 'mawar' berwarna maka banyak hal yang membahagiakan yang saya alami selama tahun 2018. Kalau lebih banyak 'mawar' putih, yah, berarti saya memang harus banyak introspeksi.

Mengapa saya melakukan hal ini? Salah satu alasannya adalah untuk menyemangati diri sendiri. Pasti banyak juga yang mengalami saat-saat yang penuh tekanan, merasa terkucil atau sendiri, dan merasa tidak bahagia. Hal itu bisa membuat diri sendiri lupa kalau sebetulnya bahagia itu pilihan, dan diri sendiri pun berhak merasa bahagia. Jadi, hal kecil ini juga sebagai pengingat kalau kita bisa bahagia, entah apa pun kondisi yang sedang terjadi.

Sampai saat ini, hal ini cukup membantu. Ketika diri sendiri sudah mulai kebanyakan mengeluh, kemudian melirik ke arah 'mawar-mawar' kecil ini, rasanya: ah, ingin rasanya menambah satu 'mawar' berwarna lagi. Setidaknya hal itu bisa menumbuhkan semangat kecil untuk tidak kembali bersedih. Kalau memang sedang merasa sangat gundah, saya menambahkan satu 'mawar' putih sambil bertekad kalau saya harus menambahkan lebih banyak 'mawar' berwarna.

Oiya, ini 'kan blog buku. Jadi saya juga seharusnya membuat tulisan yang berkaitan dengan buku, dong. Nah, karena itulah di akhir tahun 2018 nanti akan dilakukan penghitungan 'mawar' berwarna dan 'mawar' putih yang terkumpul. Jika lebih banyak 'mawar' berwarna yang terkumpul, maka saya akan menghadiahi diri sendiri dengan buku incaran favorit.

Buku apa yang akan saya beli nanti? Kita lihat saja di penghitungan akhir tahun. Selain dihitung, 'mawar-mawar' ini nanti juga bisa dibuka untuk dibaca kembali di akhir tahun nanti. Semoga tahun ini menjadi tahun yang bahagia, ya...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar