Minggu, 02 Oktober 2016

My Favorite & Posbar BBI 2016 September: 9 Tempat Baca Favorit di Mana pun Berada


Hai, Pembaca Sudut Buku Hani!

Ketemu lagi di Posbar BBI 2016 bulan September. Sebetulnya sudah agak terlambat sih, tapi biarlah. Mumpung linky-nya belum ditutup, kuposting dulu draft Posbar yang cocok dengan temanya. Tentu setelah dipoles sedemikian rupa supaya menghibur dan bermanfaat untuk pembaca sekalian (^_^). Selain posbar BBI, postingan ini juga untuk mengenalkan kategori “My Favorite” di Sudut Buku Hani. Yeay!

Tema Posbar BBI kali ini adalah “Tempat Baca”. Hani si pembaca random ini mau berbagi tentang beberapa tempat baca favorit pada umumnya. Beberapa tempat sangat keren dan bikin mupeng! Penasaran seperti apa? Berikut adalah 9 Tempat Baca Favorit di Mana pun Berada versi Sudut Buku Hani.


Dekat Jendela

static.boredpanda.com
Buku adalah jendela dunia. Rasanya pas banget sama istilah itu kalau baca di dekat jendela. Apalagi tempatnya seperti gambar di atas. Kalau pegal atau pusing menunduk ketika menatap tulisan, kita bisa mendongakkan kepala dan melihat ke luar jendela untuk menghilangkan pegal dan me-refresh otak. Eh, kebetulan cowok tetangga yang ganteng lagi lewat di depan rumah. Tambah sumringah, dong. Hehehe…

Di bawah tangga

www.cushionsource.com
Ruang kosong di bawah tangga bisa jadi tempat baca favorit, lho, kalau dirancang seperti gambar di atas. Asyik ya, bisa tenggelam di dunia buku yang dibaca sambil bergelung tersembunyi. Hihihihi…

Ruang tersembunyi

cdn.homesthetics.net
Sssttt, jangan ganggu! Sebel rasanya kalau lagi asyik baca trus diajak ngomong, ditanya-tanya, atau sekedar dengar orang mengobrol di dekat kita. Jadi nggak konsentrasi baca, nih! Tapi kalau baca di ruang tersembunyi seperti gambar di atas ini, jadi lebih tenang bacanya, deh. Dipasangi korden atau jadi ruang rahasia di belakang rak buku? Wah lebih tenang lagi, dong. Orang serumah langsung pada bingung kalau kamu lagi asyik baca di ruang rahasia ini. Kemana sih, ni anak?

Sofa empuk

www.modernholic.com
Duh, surga dunia banget kalau punya sofa empuk untuk baca. Apalagi yang bisa dimonopoli sendiri selama baca. Nggak ada yang nyuruh geser kalau ada yang mau duduk, bisa bebas bersandar, berbaring, atau guling-guling sendiri, seperti sofa di gambar ini. Kalau Hani punya rumah sendiri yang gede pengen punya sofa sendiri nih! Hehehee…

Alam terbuka

kitchenfunwithmy3sons.com
Hmm, sejuknya. Angin sepoi-sepoi berhembus sewaktu kita sedang menikmati sebuah cerita petualangan. Bagaikan menjadi si tokoh utama kalau membacanya di luar ruangan. Alam terbuka ternyata asyik juga jadi tempat baca. Apalagi tempatnya seperti pada gambar. Uuuhhh, pengeeen…

Kafe

theworldandhistuktuk.co.uk
Baca di tempat umum? Kenapa tidak? Sambil menunggu teman yang datang janjian di sebuah kafe, kita bisa menyempatkan diri membaca buku. Memang harus tahan konsentrasi sih, karena tempat umum seperti kafe lumayan berisik. Tapi kalau kafe-nya dirancang khusus sebagai ‘Reading CafĂ©’ seperti di gambar, betah dong berlama-lama.

Perpustakaan umum

www.montel.com
Rumah terlalu berisik untuk bisa membaca dengan tenang? Apalagi di luar rumah, ya? Tapi nggak untuk tempat ini. Tempat apa sih? Perpustakaan umum jawabannya! Tempat ini memang dirancang supaya pengunjungnya menjaga ketenangan. Bagi yang lagi suntuk di rumah dan pengen cari suasana baca lain yang tenang, perpustakaan umum bisa jadi tempat baca pilihan. Apalagi kalau dilengkapi sofa nyaman seperti gambar di atas. Nggak mau pulang!

Dalam kendaraan

il9.picdn.net
Untuk seorang pembaca, buku adalah barang yang wajib dibawa ketika bepergian, baik buku fisik maupun e-book. Dalam kendaraan pun bisa ditemui seorang pembaca, seperti di mobil, taksi, bis, kereta, atau pesawat terbang. Hani pernah mencoba membaca di semua kendaraan yang disebutkan tadi. Tapi hanya satu tempat yang nyaman untuk membaca di kendaraan bagi Hani, yaitu dalam kereta. Laju kereta umumnya stabil, jadi membaca pun nyaman. Tidak seperti di mobil atau bis yang sering ada perubahan kecepatan ketika mengerem atau berbelok, atau pesawat terbang yang turbulensinya mengganggu kenikmatan membaca. Tapi kalau baca buku komedi dan senyam-senyum sendiri, siap-siap dilihat dengan aneh sama penumpang lain lho!

Pulau kapuk alias kasur

inspirationseek.com
Dari semua tempat baca yang sudah disebutkan di atas, tempat ternyaman untuk membaca bagi Hani adalah di kasur! Aman karena di dalam rumah, simpel karena milik sendiri, dan bisa langsung terlelap kalau lelah. Kasur, bantal, buku, dan hari Minggu adalah kombinasi sempurna untuk seorang pembaca…

Posbar BBI 2016 September
Yak, itulah tadi 9 Tempat Baca Favorit di Mana pun Berada versi Sudut Buku Hani dalam rangka Posbar BBI 2016 bulan September. Jangan lupa kunjungi juga blog BBI lainnya yang membahas “Tempat Baca” untuk Posbar bulan ini ya. Terima kasih sudah menyimak, semoga postingan ini bisa jadi inspirasi untuk membuat ‘sudut baca’ impian di rumah atau di mana pun anda berada…


2 komentar:

  1. uhhh mupeng sama yg jendela dan ruang tersembunyi.. mimpiku banget tuhhh bikin kayak begitu kalo udah punya rumah sendiri hihihi diaminin dulu aja ah XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa kak, gambar-gambarnya bikin kepingin semua.. amiin, semoga bisa terwujud suatu saat nanti :D

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...