Senin, 16 September 2013

Skulduggery Pleasant: Para Sosok Tanpa Wajah

Judul: Skulduggery Pleasant - Para Sosok Tanpa Wajah
Judul Asli: Skulduggery Pleasant - The Faceless Ones
Penulis: Derek Landy (2009)
Alih Bahasa: Primadona Angela
Editor: Reita Ariyanti
Ilustrasi Sampul: Martin Dima
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun: 2011
Genre: young-adult, misteri, fantasi, horor, thriller, action

"Detektif, pernahkah kau mempertimbangkan fakta bahwa kekerasan adalah hasil perbuatan pria yang tidak beradab?"
- Profesor Kenspeckle Grouse -

Skulduggery Pleasant dan partner mudanya, seorang gadis penyihir, Valkyrie Cain menyelidiki pembunuhan berantai yang semua korbannya adalah ahli teleportasi. Padahal pembunuhan ahli teleportasi terakhir adalah lima puluh tahun sebelum kasus itu terjadi. ahli teleportasi yang tersisa dilindungi agar tidak jatuh korban lagi. Namun pada akhirnya, seluruh ahli teleportasi terlatih terbunuh dan menyisakan seorang ahli teleportasi muda yang tidak mau menjalani latihan.

Skulduggery mulai memburu petunjuk bersama partnernya. Mereka menanyai mayat ahli teleportasi yang mati tenggelam lima puluh tahun yang lalu. Mayat itu bisa ditanyai karena mayat yang tenggelam dijaga oleh makhluk jejadian bernama nenek lautan, walaupun setelah di darat mayat itu menjadi mayat 'biasa'. Pembunuh berantai itu mengaku pada si mayat bahwa namanya Batu, dan masih misteri siapakah Batu sebenarnya. Batu bisa orang yang mereka kenal dekat dan mereka bisa saja tidak menyadarinya. Mereka harus waspada. Skulduggery dan partnernya Valkyrie memiliki teman-teman yang dapat dipercaya, seperti Profesor Kenspeckle Grouse (seorang ilmuwan dan ahli medis sihir), Tanith Low (pelatih bertarung Valkyrie yang berusia 80-an tetapi terlihat seperti wanita muda berumur 22 tahun), Ghastly Bespoke (penjahit pakaian bertarung yang dapat meminimalisir serangan fisik dan sihir), dan Mr. Bliss (Penyihir Sesepuh di pemerintahan sihir).

Setelah menanyai mayat, mereka mencari informasi melalui informan, diantaranya seorang pustakawan di perpustakaan sihir, China Sorrow dan seorang sensitif bernama Finbar Wrong. Banyak pihak yang berusaha menghalangi usaha mereka, terutama karena tidak percaya. Namun banyak juga yang akhirnya memberikan bantuan baik berupa tenaga atau informasi, terutama dari para ahli nekromasi. Pihak musuh pun juga sebenarnya tidak tunggal, otak kejahatan mungkin hanya satu dan perencanaannya mantap, namun pelaksananya adalah para buronan berbahaya yang tidak segan-segan membunuh para penghalang. Skulduggery dan rekan-rekannya seringkali harus mengeluarkan senjata dan sihir untuk mempertahankan diri dan membekuk para penjahat.

Jadi, setelah riset yang mereka lakukan, tujuan pelaku melakukan pembunuhan terhadap para ahli teleportasi adalah untuk mencegah mereka menghalangi niat mereka menguasai dunia dalam kekuatan jahat dengan cara melepaskan sosok tanpa wajah yang keji. Namun demikian, sosok tanpa wajah berada di dunia lain dan cara memasukkan mereka adalah melalui portal atau gerbang yang hanya dapat dibuka oleh ahli teleportasi dan dengan bantuan Jangkar Isthmus untuk menahan agar gerbang tetap terbuka. Karena itulah ahli teleportasi terakhir yang masih muda dan belum terlatih mungkin cukup kuat untuk membuka gerbang namun tidak cukup kuat untuk melawan mereka 'disisakan' untuk dimanfaatkan oleh pihak musuh. Memang seburuk apakah sosok tanpa wajah itu menguasai dunia dalam kekuatan jahat? Dunia memang tidak akan langsung berakhir ketika gerbang dibuka dan sosok tanpa wajah kembali ke dunia. Terlebih dahulu mereka akan menguasai tubuh manusia, menghancurkan kota dan desa, membakar daerah pinggiran, membunuh miliaran orang, memperbudak miliaran lainnya, mempekerjakan mereka sampai mati, lalu barulah dunia akan berakhir. Skulduggery berusaha agar keduanya (ahli teleportasi terakhir dan Jangkar Isthmus) tidak diambil musuh. Walaupun demikian, ada kemungkinan bahwa hal tersebut dapat terjadi. Karena itulah Skulduggery dan rekan-rekannya juga mencari kartu as yang dapat menjamin mereka menang. Berhasilkan mereka mencegah sosok tanpa wajah menguasai dunia? Siapa Batu, si pelaku pembunuhan berantai ahli teleportasi?

Seharusnya Skulduggery dan Valkyrie mengalahkan para Sosok Tanpa Wajah sebelum mereka menguasai dunia. Seharusnya mereka mengusir para Sosok Tanpa Wajah dan menutup gerbang selamanya. Beberapa orang akan terluka, tapi pada akhirnya dunia akan selamat. Seharusnya seperti itu. Tapi, yah, mungkin bukan itu yang terjadi kali ini.

Kalau Ghost Rider adalah manusia yang berubah menjadi kerangka pembalap pembela kebenaran, maka Skulduggery Pleasant adalah kerangka 'hidup' yang bermata pencaharian sebagai detektif. Kisah ini memiliki 'pace' yang cepat. Aksi lebih mendominasi daripada deduksi, dan humornya kadang sarkastik namun menghibur. Sebetulnya Skulduggery tidak benar-benar hidup. Ia dapat bergerak, menyihir, dan menyetir, tapi ia tidak bernapas, tidak makan, dan tidak mati jika tertembak. Dunia sihir mengalami krisis karena ada pembunuhan berantai terhadap ahli teleportasi yang hanya menyisakan satu orang. Dialah yang harus dilindungi, sementara sang detektif berusaha untuk menangkap pelakunya dan mencegah kehancuran dunia dari adanya tindak kejahatan itu. Hubungannya? Baca aja deh... hehehee...

Makhluk sihir jejadian yang ada di kisah ini bermacam-macam, baik yang biasa kita kenal seperti hantu, vampir, dan monster, sampai yang namanya asing seperti sosok tanpa wajah, manusia hampa, dan nenek lautan (makhluk jejadian setengah nenek-nenek setengah ular dan menjadi penjaga perairan). Para tokoh sihir di kisah ini memiliki pekerjaan yang bermacam-macam, mulai dari detektif, polisi atau disebut juga penjagal, resepsionis atau pengurus, penjahit, dokter atau medis-sihir, bahkan pustakawan. Penyihir atau ahli sihir memiliki kemampuan menonjol tertentu yang menjadi keahlian mereka, seperi ahli teleportasi (bisa menghilang dan muncul di mana saja), ahli nekromansi (bisa mengendalikan roh sebagai senjata atau kekuatan), sensitif (bisa meramal dan trance sambil tidur atau melalui mimpi), atau elemental (sihir mengendalikan elemen bumi, api, udara, atau air). Pada dasarnya penyihir bisa mempelajari semuanya, namun biasanya yang menonjol hanya satu, dan mereka bisa disebut ahli teleportasi, ahli nekromansi, sensitif, atau elemental.

Buku ini adalah buku ketiga dari seri Skulduggery Pleasant, sehingga ketika membaca aku cukup lumayan tertinggal. Banyak sekali nama-nama asing dari tokoh atau nama benda yang belum kukenal karena buku ini yang pertama kubaca dari seluruh serinya. Banyak bagian yang menunjukkan adanya hubungan dengan kisah masa lalu yang mungkin ada hubungannya dengan kisah sebelumnya. Jadi, kisah-kisah sebelumnya perlu dibaca juga agar lebih seru, sehingga kisah ini sepertinya tidak bisa berdiri sendiri dan sebaiknya dibaca berurutan. Sebetulnya kalau menyimak betul-betul, hal-hal asing akan menjadi jelas di halaman-halaman berikutnya. Buku ini lebih mengandalkan dialog sehingga aksi menjadi lebih nyata namun karakter dalam cerita jadi terasa 'jauh' dengan pembaca. Pemahaman tentang karakter dapat digali dari dialog, walaupun ada tokoh yang menurutku paling 'dekat' dengan pembaca dari buku ini, yaitu Valkyrie, partner muda si detektif kerangka. Skulduggery memang detektif andalan dalam memecahkan kasus dan pemikiran serta caranya memecahkan masalah memang cepat. Aksinya juga cepat dan gesit, dan ia juga agak narsis dan sok necis. Yang jelas, misteri si pelaku tetap tersimpan selama cerita dan baru terkuak di bagian akhir, bagian itu menjadi bagian 'misteri' atau 'detektif'nya. Sedangkan aksinya secara umum adalah menjadi pihak yang menyelamatkan dunia dari kehancuran tokoh perusak yang menjadi tujuan adanya pembunuhan itu. 

Tentang Penulis:
Derek Landy adalah seorang penulis Irlandia dan mempelajari kenpo karate sabuk hitam. Dua skenario filmnya memenangkan penghargaan IFTA untuk Dead Bodies dan masuk nominasi IFTA untuk Boy Eats Girl. Landy sendiri dinominasikan untuk IFTA untuk Naskah Terbaik.

Derek Landy terlalu sederhana untuk berbicara tentang penghargaan apapun atau penghargaan bukunya mungkin telah memenangkan, misalnya, Skulduggery Pleasant memenangkan Bord Gais Energy Irish Book of the Decade Award dan Red House Children's Book Award, atau buku keduanya, Bermain Dengan Api, memenangkan Irish Book Award for Children's Book of the Year, atau buku ketiganya, Para Sosok Tanpa Wajah, adalah favorit pribadi ibunya.

Dia tinggal di Irlandia dengan berbagai kucing, anjing Gembala Jerman, dan dua Staffordshire Bull Terrier. Dia adalah penulis terlaris dari Skulduggery Pleasant, misteri seri supernatural dibintangi Skulduggery Pleasant, seorang detektif kerangka, dan Valkyrie Cain, seorang penyihir wanita muda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...