Kamis, 16 Januari 2014

Mr. Quin yang Misterius

Judul: Mr. Quin yang Misterius
Judul Asli: The Mysterious Mr. Quin
Penulis: Agatha Christie
Alih Bahasa: Julanda Tantani
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2008
Paperback, 392 hlm
ISBN: 9789792235081

"Dia memang suka datang dan pergi dengan tiba-tiba," kata Mr. Satterthwaite. "Itu salah satu ciri khasnya. Kita tidak selalu bisa melihat kedatangan dan kepergiannya."
"Seperti Harlequin," komentar Frank Bristow, "Dia tidak tampak." - hlm.288 -

Ia muncul entah dari mana, dan lenyap begitu saja setelah tugasnya selesai. Tapi Mr. Satterthwaite yang cepat tanggap segera menyadari bahwa setiap kali Mr. Harley Quin muncul berarti ada bahaya yang akan terjadi---berlatar belakang tragedi.

Mr. Harley Quin adalah orang yang sangat misterius. Kemunculannya yang tiba-tiba pada malam tahun baru dalam kisah Munculnya Mr. Quin merupakan perkenalannya yang pertama dengan Mr. Satterthwaite dan mengarahkan mereka pada pertemuan-pertemuan kebetulan mereka selanjutnya. Dalam buku ini diceritakan dua belas kisah kemunculan Mr. Quin bersama Mr. Satterthwaite dalam memecahkan kasus dengan akhir 'tragedi' yang 'romantis'.

Karakter yang paling kusuka dari karya Agatha Christie adalah Mr. Quin, dan menempatkan Hercule Poirot pada posisi kedua (hehehee... no hard offense, ya). Yah, bayangkan saja kalau orang seperti Mr. Quin itu ada, pasti kalau aku ketemu Mr. Quin, dia bakal tahu siapa yang aku taksir dong :P. Mr. Quin betul-betul karakter yang seperti bayangan. Mr. Satterthwaite senang mengait-kaitkan kehadiran Mr. Quin dengan misteri yang sedang berlangsung. Setelah baca beberapa kisah, aku sampai berpikir apakah Mr. Quin ini orang yang benar-benar ada ataukah hanya khayalan Mr. Satterthwaite saja? Aku juga sempat mengira Mr. Quin ini hantu, karena yang mengenalnya hanya Mr. Satterthwaite walaupun ia juga hanya mengenal Mr. Quin sebatas nama dan kehadirannya yang kebetulan di setiap kejadian. Tapi pada akhir kisah, yaitu dalam Jalan Harlequin, ada beberapa orang selain Mr. Satterthwaite yang mengenal Mr. Quin serta keahliannya selain mampu menganalisis emosi manusia.

Mr. Quin selalu dideskripsikan seperti mengenakan kostum harlequin, berwarna-warni dan bertopeng, padahal sebetulnya pakaiannya kebanyakan berwarna hitam biasa. Hal itu sebetulnya hanya kesan orang yang melihatnya, misalnya ada cahaya yang masuk dari kaca warna-warni yang menimpa mantel Mr. Quin sehingga ia terlihat mengenakan pakaian berwarna pelangi, dan ada bayangan yang menutupi matanya sehingga ia terlihat seperti bertopeng. Mr. Quin digambarkan memiliki karakter dan 'tugas' seperti harlequin dalam drama, sebagai apa yang disebut dengan romantic hero. Harlequin dalam bahasa Italia yaitu Arlecchino juga muncul dalam cerita Tanda di Langit dan Wajah Helen, memberikan kesan kebetulan yang manis antara Mr. Quin dan Arlecchino.

Yah, sebetulnya bisa dibilang kemunculan Mr. Quin tidak berarti apa-apa dalam memecahkan kasus karena yang terlibat lebih banyak justru adalah Mr. Satterthwaite. Tetapi seperti yang dikatakan oleh Mr. Satterthwaite, kemunculan Mr. Quin lebih seperti katalisis dalam reaksi kimia, yaitu unsur yang mempercepat terjadinya reaksi tanpa unsur tersebut ikut bereaksi.

Kisah Mr. Quin dan Mr. Satterthwaite yang lain yaitu Bayangan di Jendela yang menceritakan cerita hantu kuno suatu rumah yang tampak ada bayangan seperti seorang pria bangsawan dari jendela tertentu. Di Bells and Motley, sebuah penginapan yang berarti 'lonceng dan serbet kotak-kotak', Mr. Satterthwaite dan Mr. Quin bertemu beberapa kali tanpa sengaja, juga dalam cerita Suara Dalam Kegelapan. Rahasia si Bandar Kasino bercerita tentang liburan Mr. Satterthwaite ke Monte Carlo, dan coba tebak, tanpa sengaja bertemu dengan Mr. Quin! Dua orang itu memang berjodoh sepertinya. Kisah liburan Mr. Satterthwaite yang bertemu dengan Mr. Quin lagi yaitu Laki-Laki dari Laut dan Ujung Dunia. Dalam Burung dengan Sayap Patah, yang bertemu dengan Mr. Quin bukan Mr. Satterthwaite, tapi kenalannya yang mengatakan bahwa ia baru saja bertemu dengan orang yang mirip Harlequin. Favoritku, Harlequin yang Mati adalah judul lukisan seperti yang menjadi cover buku yang ditampilkan di atas, yaitu lukisan yang membuat Mr. Satterthwaite penasaran karena ia mengenal setting lukisan itu, dan ternyata ada rahasia di baliknya. Kumpulan cerita pendek ini betah banget kubaca berkali-kali.

Tentang Penulis:
Agatha Christie
Agatha Mary Clarissa Miller was born in Torquay, Devon, England, U.K., as the youngest of three. The Millers had two other children: Margaret Frary Miller (1879–1950), called Madge, who was eleven years Agatha's senior, and Louis Montant Miller (1880–1929), called Monty, ten years older than Agatha.

Agatha Christie also wrote romance novels under the pseudonym Mary Westmacott, and was occasionally published under the name Agatha Christie Mallowan.

To honour her many literary works, she was appointed Commander of the Order of the British Empire in the 1956 New Year Honours. The next year, she became the President of the Detection Club. In the 1971 New Year Honours she was promoted Dame Commander of the Order of the British Empire, three years after her husband had been knighted for his archeological work in 1968.
http://us.macmillan.com/author/agatha

2 komentar:

  1. Novel AGatha Christie yang ini emang beda tapi tetap bagus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, emang lain dari yang lain ada tokoh nyaris 'khayalan' disini.. hehehee.. makasih udah berkunjung.. :D

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...