Senin, 10 Februari 2014

Psychic Detective Yakumo: Alternate Story 1

Psychic Detective Yakumo: Alternate Story 1
Paperback, 184 pages
Edisi Bahasa: Indonesia
Penerbit: M&C!
Tahun Terbit: 2012
ISBN: 9786022104476

"Mata kiriku bisa melihat apa yang tidak bisa dilihat orang biasa, Mata ini bisa melihat wujud arwah yang telah tiada." - Yakumo -

Adalah Yakumo Saitou yang terlahir dengan warna mata yang berbeda antara kiri dan kanan. Mata kirinya berwarna merah, dan memberinya kemampuan untuk melihat arwah orang yang sudah meninggal alias hantu. Karena rumor inilah Ozawa Haruka mencarinya untuk meminta pertolongan karena ada yang aneh dengan kawannya Miki.

Miki menjadi berkelakuan aneh setelah dia dan pacarnya, Kazuhiko melakukan uji nyali di sebuah gedung lama dekat kampus mereka. Tiba-tiba, Miki pingsan dan sampai Haruka menceritakan peristiwa ini, Miki masih pingsan di rumah sakit dan tak ada yang tahu apa yang terjadi padanya. Yakumo, menurut Haruka adalah orang yang sombong dan menjengkelkan, bahkan dia meminta bayaran kalau dia berhasil menolong Miki! Berhasilkah Yakumo menolong Miki dan Haruka? Yakumo mencoba untuk mengetahui apa yang terjadi pada Miki dengan mengunjunginya di rumah sakit. Ternyata, Miki dirasuki oleh arwah penasaran.

Sayangnya, Yakumo hanya sebatas mampu melihat arwah saja dan hal itu tidak menyelesaikan masalah. Dia hanya berhasil mengetahui rupa arwah itu. Karena itulah, diperlukan penyelidikan untuk mengetahui siapa arwah itu dan apa yang telah terjadi padanya. Haruka juga ikut membantu Yakumo karena walaupun mereka kuliah di kampus yang sama, Yakumo ternyata antisosial dan hal ini akan menyulitkan penyelidikan jika tidak dibantu Haruka. Penyelidikan mereka ternyata harus dilakukan dengan cepat, karena Kazuhiko juga menjadi korban. Berhasilkah mereka menyelamatkan nyawa mereka? Dan semakin lama Haruka menghabiskan waktu dengan Yakumo, Haruka bisa dianggap sebagai teman pertama Yakumo.

Manga ini ternyata lumayan keren. Di Jepang, Kaminaga Manabu ternyata adalah novelis dan manga ini juga dibuat berdasarkan light novel-nya. Kalau bisa berbahasa Jepang, dengan senang hati aku mau membaca novelnya. Lebih oke lagi kalau novelnya diterjemahnya (maunya :P). Manga ini menceritakan tentang Yakumo yang bisa melihat arwah dan menggunakan kemampuannya untuk memecahkan masalah, atau bisa juga dibilang detektif supernatural amatir. Untuk masalah kerasukan ini, kemampuan Yakumo hanya sebatas bisa melihat arwahnya dan tidak bisa mengusirnya. Dia harus melakukan penyelidikan agar bisa melakukan apa yang arwahnya mau supaya lekas pergi.

Yakumo adalah karakter yang cuek abis dan antisosial. Hebatnya, Haruka bisa sabar dengan orang ini, tapi mungkin karena dia membutuhkan bantuan Yakumo. Yakumo digambar sangat cool, dan Haruka terlihat manis. Gambarnya secara keseluruhan halus, tapi gambar hantunya serem. Karena itulah, kalau bisa aku kepingin baca novelnya, supaya kalau membayangkan hantunya tidak akan seseram dalam gambar. Ini masih volume 1, jadi masih akan ada kelanjutan ceritanya. Light novel-nya sendiri sudah sampai volume ke 6 kalau tidak salah, jadi ceritanya akan masih panjang. Membaca manga lumayan untuk selingan, apalagi jika kebetulan banget dapet yang ceritanya oke :).

Tentang Penulis:
Kaminaga Manabu 
Name in native language: 神永学
Born in Yamanashi Perfecture, Chubu Region, Hokkaido, Japan, 1984.
Graduate from Japan film School.
Member of Japan Bungei Association.
Debut novel: "Red Pupil Eye Psychic Detective Yakumo" in 2004
Other works:
Conductor (2010)
Kakuritsu Sousakan Mikoshiba Gakuto (2012)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...