Senin, 14 April 2014

A Book is (also) a Mystery Worth-Read! (A Book is a Gift Guest Post)


Good day, readers, di sini Khairisa dari A Book is a Gift! Kenapa saya bisa ada di blognya kak Hanifah? Tentu bukan karena amnesia lupa blog sendiri, ini juga bukan sinetron. Haha. Off we go, ada apa dengan blog Sudut Buku Hani dan A Book is a Gift?

Blognya kak Hanifah adalah "tempat kejadian perkara", berdasarkan pengamatan saya ketika berkunjung melihat-lihat medan di mana saya akan meninggalkan jejak dan bertamu. Kenapa tidak, kalau sudut buku kak Hani ini penuh bacaan misteri? BBI Guest Posting Event 2014 sudah memberi saya cukup alibi untuk bertamu di sini, dan jejak yang akan saya tinggalkan akan simpel-simpel saja. Meskipun tentunya, untuk menghormati sudut buku kak Hani, saya akan meninggalkan sepotong "petunjuk membaca" yang saya harap bisa membawa pembacanya kepada saya juga ;)
Jadi, buat pembaca Sudut Buku Hani, jangan kaget sama kehadiran saya ya, saya gak akan menyempit-nyempitkan tempat kalian di sudut-sudut, takut maksiat. #SALAHWOY

Anyway, di sini saya akan meramaikan (bukan, bukan merusuhi apalagi membajak, emangnya saya kerbau? Traktor? Ini blog ya, bukan sawah, makasih) semarak gelora blog kak Hani yang kelihatannya suka mengisi blognya dengan review buku misteri dengan sejumlah buku misteri yang saya anggap "mystery worth-read" kalau genre yang biasa Anda baca sebelumnya bukan misteri.

Kenapa saya bisa sotoy begitu? Selain karena memang suka-suka saya yang nulis, saya juga mendasarinya dari pengalaman-membaca saya sejauh ini yang memang bukan berangkat sebagai pembaca-misteri, tapi saya selalu suka mencari buku baru dengan cerita yang menarik untuk dibaca. Memang, ada "stigma" tersendiri kalau membaca buku misteri itu bikin pusing dan "rumit", tapi saya bermaksud mengesampingkan potensi tersebut dan menekankan pada beragamnya "warna" cerita yang dijanjikan dari bacaan-bacaan misteri.

I mean, ada banyak premis menarik yang mungkin akan sulit didapatkan di genre lainnya. Saya sebut mystery worth-read juga karena bagi yang masih butuh saran, bisa mencoba dari sembilan buku yang akan saya sebutkan. Karena notabene juga ini sebenarnya kurang lebih buku-buku Agatha Christie yang sudah saya baca, dan saya masih belum sempat menyempatkan baca semuanya dan hanya membaca yang ceritanya sudah "kelihatan bentuknya" atau direkomen oleh kakak saya yang sudah baca lebih banyak dari saya xD Ada "keindahan" tersendiri lho dari membaca buku yang mengolah pikiran, mengulik sisi-sisi manusia dan apa kapasitas mereka dalam kehidupan. ((AHEM))


Sebelumnya saya akan memberikan "pengingat" terlebih dulu ya, kalau buku misteri yang saya maksud di sini adalah misteri yang berhubungan dengan kata kunci: kasus dan detektif yang dibuat Dame Agatha Christie. Saya tahu ada banyak penulis misteri lain, tapi ya udah sih, gak pa-pa ya, tahu Goodreads kan?

Judul-judul yang akan saya sebutkan dan sedikit "teaser"kan akan disebutkan bukan dengan urutan peringkat, kok. Kita mulai saja ya.

Death in the Clouds (Maut di Udara)
Ini adalah buku pertamaa yang mengantarkan saya pada Agatha Christie dan juga Hercule Poirot (bagi yang belum tahu, Poirot adalah salah satu tokoh detektif fiksi yang terkenal di dunia juga) *w*. Gambaran misteri pembunuhan yang terjadi di atas sebuah pesawat mewah terasa menarik bagi saya, ditambah dengan judulnya yang memang "catchy". Setelah dibaca pun, oke diakui memang perlu ada sedikit adaptasi, ya. Meski demikian, buku ini sudah memberikan gambaran mengenai kemampuan berpikir Poirot yang cemerlang dan pemecahan kasus yang membuat ketekunan menyimak segala detil kasusnya jadi terbayar xD...and that, my friend, always the things you can count on Christie's work of mystery~

Murder on the Orient Express (Pembunuhan di Orient Express)
Kalau judulnya sudah gak asing lagi, indeed, ini juga memang salah satu cerita "terbesar" Dame Agatha Christie yang menampilkan Poirot. Saya semacam merasa beruntung sudah membaca kasus yang ini di awal-awal saya "mencoba-coba" Poirot/Agatha Christie xD. Tokoh-tokohnya yang terlibat memang buanyak, notabene juga karena kasusnya terjadi di atas kereta mewah Orient Express, tapi justru membuat proses menekuni alur kisahnya jadi makin "nendang" dan "greget" untuk mengetahui siapa pelakunya. Hayo, siapa? ;p

The Big Four (Empat Besar)
Empat Besar penjahat "internasional bawah-tanah" melawan Hercule Poirot! Buku ini menghadirkan suasana semacam-menegangkan di samping suasana-mikir atau suasana-penasaran karena ceritanya seperti bisa dibuat film, dan saya sendiri sudah membacanya dua kali xD Di buku ini juga ditampakkan bagaimana "cakupan" Poirot sebagai detektif terkenal mampu merambah batas-negara dengan "kejar-kejaran kecerdasan" xDbb

Hickory Dickory Dock (Pembunuhan di Pondok Mahasiswa)
Buku ini menarik minat saya untuk membacanya karena "premis" ceritanya juga, sih. Diawali dengan serangkaian pencurian di sebuah pondok mahasiswa tempat saudara sekretaris Poirot yang super, Miss Lemon, bekerja sebagai semacam "pengawas". Lalu ternyata, pencurian-pencurian itu bukan hanya kasus biasa karena membawa pada kasus yang lebih "jauh" dari itu xD. Keterlibatan tokoh- tokoh mahasiswa nya dengan "drama-drama" di antara mereka juga membuat ceritanya jadi menarik, meskipun okelah mungkin itu gambaran mahasiswa bule jaman dulu gitu.

Peril at End House (Hotel Majestic)
Kasus Poirot yang ini pernah saya mainkan versi game nya (meski gak tamat #...) dan atas nama penasaran sama akhir dan pemecahannya, saya pun membaca novelnya dan saya bisa dibilang puas juga prokprok sama kejituan analisis Poirot di sini xD Bahkan meskipun sudah tahu gambaran ceritanya, menyimak jalannya kisah dari awalnya sudah "engaging" - ada seorang wanita cantik yang biasa dipanggil Nick Buckley dan merupakan pewaris sebuah rumah besar yang dinamai End House sudah berhasil selamat dari banyak percobaan pembunuhan. Tentunya Poirot yang punya soft-spot sama perempuan (?) pun gak ingin tinggal diam dan memutuskan untuk memastikan keselamatan Nick Buckley, dan di sini juga memperlihatkan cara-cara metodis Poirot untuk mengumpulkan petunjuk dan menata pikiran, bahkan meskipun bisa saja "kecele" atau "keduluan" (maaf bahasa saya). But fear not, jalannya cerita juga sampai pada hal tak terduga yang (sekali lagi) memuaskan dan kece sekali, haha xD.

Sad Cypress (Mawar Tak Berduri)
Judul asli dan terjemahannya sama-sama memberikan kesan "sendu" ya? Entah Anda setuju atau enggak, tapi buat saya ini adalah kasus Poirot yang terhitung bernuansa-sendu karena "konflik-kisah-drama" tokoh-tokohnya, melibatkan cinta yang gak kesampaian dan terpendam serta takdir yang gak berjalan baik untuk orang yang baik xD. Aduh, saya sebenarnya udah panjang-lebar-kali-tinggi juga cuap-cuap soal novel ini di reviewnya atau di analisis salah satu karakter utama nya, simply because this case is... sad - right, but just worry not, meskipun sedih-gimana kasusnya, pengungkapan kebenarannya tetep "cerdas" dan bikin puas-dengan-bijak ((halah)) saat mengakhiri bukunya xD

The Thirteen Problems (Tiga Belas Kasus)
Dari tadi memang bukunya yang disebutkan adalah kasus-kasus yang ditangani oleh Hercule Poirot, notabene karena saya memang "memulai" dari tokoh tersebut dan selama beberapa waktu "fokus" mencoba-coba kasusnya yang lain, tapi memang Dame Agatha Christie menciptakan karakter-karakter "pemecah-kasus" lain. Salah satu yang juga "unik" dan "punya nama" adalah Miss Marple. Nah, buku ini adalah salah satu yang saya baca dalam masa-perkenalan saya dengan Miss Marple, yang berbeda dengan Poirot, adalah bener-bener detektif nenek tua yang tinggal di desa kecil tanpa hingar-bingar lintas negara atau apa, tapi tetep cer to the das cerdaas. Di buku ini ada tiga belas persoalan yang saya rasa sudah bakalan bisa menggambarkan kecemerlangan pikiran Miss Marple ini, hanya dengan mendengarkan detil-detil kasusnya dari orang lain xD, lebih lanjut tentang kesan saya soal buku ini bisa dibaca di reviewnya.

A Murder is Announced (Iklan Pembunuhan)
Judulnya yang langsung nge-gong dan cetar, memang seperti dapat mengantarkan langsung pada "janji premis" yang "seru" untuk diikuti - bakal gimana jadinya kalau ada iklan pembunuhan yang nampang di koran yang biasanya memuat kabar- kabar dari tetangga dan iklan-iklan rumah tangga. Ini adalah salah satu contoh kasus keren yang dipecahkan oleh Miss Marple, pokoknya jangan sampai anggap remeh deh nenek tua cerdas satu ini xD Gak usah nyamar-nyamar, cukup wawancara nan ngobrol-ngobrol kepo a la eyang-eyang yang mau tahu, pembunuhan di iklan yang sepanjang cerita jadi berkembang mengarah pada sejumlah kematian lain dari yang diiklankan akhirnya bisa terungkap kisah di baliknya dan siapa pelakunya xDDb

Nemesis
Judul ini dipilih untuk disebutkan kesembilan dan menjadi akhir dari "daftar resmi" yang saya bagikan dengan Anda-Anda karena ini menghadirkan "premis misteri" yang beda dan gak biasa, yang rasanya jarang bisa ditiru xD Kalau sudah baca review saya, pasti udah tahu kalau kasus ini dimulai dari permohonan pada Miss Marple untuk memberikan keadilannya ((hacieh)) tanpa diberitahu soal apa kasusnya oleh si pemohon yang udah meninggal, dan hanya dimulai dari keikutsertaan tur untuk melihat taman-taman indah di seantero Inggris. Persoalan yang dimaksud pun kayaknya udah terjadi lama dan lebih-kurang hampir tinggal kenangan... dan rupanya merupakan kisah yang kebenarannya cukup bikin sedih :''''). Tidak banyak aksi, tidak banyak neko-neko dari proses penyelidikan Miss Marple, tapi buat saya cerdasnya "ramuan" ceritanya memang gak diragukan ><. Buku ini juga udah pernah saya review, banyak kutipan-kutipan keren dan notable things lain yang bisa dibaca juga di reviewnya xD.

Akhirnya sampai juga pada akhir dari "daftar petunjuk buku"nya xDDD Yah, itu memang baru sebagian kecil saja dari banyaknya pilihan yang bisa dicoba untuk menikmati bacaan misteri. Beberapa judul lain yang bisa sarankan, meskipun gak masuk "daftar" secara resmi karena saya gak ada buku paperbacknya (#...) Anggap bonus ya:
- [Poirot] Cat Among the Pigeons (Kucing di Tengah Burung Dara): Setting "resmi"nya di sebuah sekolah asrama perempuan, yang ternyata merupakan semacam "titik temu" dari banyak jaringan kisah peristiwa di negara lain dalam taraf internasional dan gak luput juga dari Poirot setelah menanganinya. Buku ini juga menarik karena pemohonnya ke Poirot adalah orang yang gak terduga xD
- [Miss Marple] A Pocket Full of Rye (Misteri Burung Hitam): Kasusnya lebih "domestik" dibanding judul kasus Poirot di atas, seputar seorang kepala keluarga kaya yang meninggal di kantornya dengan kantung penuh biji-bijian rye, serta teror berupa bangkai-bangkai burung hitam. Nggak jauh sebenarnya dari konflik harta, tapi, lagi-lagi ini adalah sebuah kasus yang "gak sampai situ saja", bener-bener brilian diramu dan juga meninggalkan kesan banget setelah membacanya. Soalnya, kebenarannya ternyata merupakan hal yang cukup menyedihkan bagi korbannya :'''

What mystery that shall be solved now, then? Happy reading xD

Have you guess who I am?
Penulis posting tamu di atas adalah Khairisa Ramadhani Primawestri (BBI 1308171), yang blog buku nya, A Book is a Gift beralamat asli di http://krprimawestri.blogspot.com. Namanya seperti itu juga karena notabene yang bersangkutan terhitung mudah termotivasi dengan hadiah buku gratisan selain membaca dan menjadi manusia yang lebih baik *w* Sekilas lain tentang kontributor posting tamu yang bisa disimak dari tanya-jawab berikut dengan pemilik Sudut Buku Hani (akan disingkat SH biar kayak SMSnya Sherlock Holmes):

SH: Genre favorit Risa apa? Judul dari genre Risa yang paling berkesan apa?
KRP: Daripada disebut genre favorit, saya kayaknya ingin cari-aman dengan menyebutnya jadi genre kecenderungan, ya, yaitu fantasi, misteri, dan inspirasional yang terkemas dalam kisah fiksi atau travelogue yang bikin merenung, haha. Menyebutkan judul mana yang berkesan juga rasanya kok berat, ya, tapi kalau harus menyebutkan yang bisa terlintas duluan di pikiran: "The Five People You Met in Heaven" dan "The First Phone Call From Heaven" dari Mitch Albom, begitu juga "Sad Cypress" dan "Nemesis" dari Agatha Christie. Saya juga menganggap "The Journeys 3" - Alexander Thian dkk. sangat berkesan :">

SH: Genre yang 'bukan Risa banget'? Pernah baca genre yang 'bukan Risa banget' nggak? Bagus/nggak? Kalau bagus kenapa, klo nggak kenapa? (duh, maaf kalo kepanjangan)
KRP: Gak pa-pa kok, kepanjangan juga saya seneng berasa-narasumber gini, hehe. EHEM, kalau genre yang bukan saya banget, ya, kalau harus jujur banget, saya masih belum berani baca genre Horor/Thriller, deh, selain itu juga belum ada modal untuk coba-coba bacanya. Haha, jadi belum pernah baca yang di genre itu. Film juga menghindari genre yang itu xD

SH: Kenal BBI kapan?
KRP: Saya gak inget persisnya kapan, ya, kak. Intinya waktu suatu kali di bulan Agustus atau akhir Juli, Sany @ Jar of Inspirations lagi main pinjem buku di rumah dan ngajakin saya ikutan klub buku, yaitu si BBI ini, dan saya tergoda karena bakal banyak kesempatan ikutan giveaway buku gratis LOL ((murah)).

SH: Event BBI yang paling seru yang pernah diikuti?
KRP: Belum pernah bener-bener ikutan even BBI yang mana-mana sih, even Guest Posting ini yang pertama dan buat saya sangat berkesan. Karena konsep evennya seru dan bisa bikin kenal sama temen-temen di BBI xD Kalau even giveaway gak perlu disebutin berkesan ya udah otomatis lah ya =))

SH: Kasih selamat dan birthday wish buat BBI (^_^)
KRP: HAPPY BESTDAY, BLOG BUKU INDONESIA! LIVE LONG, AND READ PROSPER TOO :D Semoga di usia ketiga bisa menjadi lebih jaya dan bermanfaat buat dunia buku dan para pecinta buku Indonesia xDD Amiin, amiin. Semoga bisa bikin even buku keren yang biasa di Jakarta bisa diadakan di Semarang, hha :D

Akhir kata, terima kasih untuk kak Hani sudah mengijinkan saya bertamu di Sudut Buku Hani, dan terima kasih juga untuk BBI untuk evennya yang seru ini^^



Eits, jangan lupa, masih banyak guest post-guest post dari peserta even ini yang bisa disimak lho, don't ever miss a clues, they say xD, siapa tahu ada yang gak kalah kece dan bermanfaat^^ ((PLAK)):


9 komentar:

  1. Kyaaa xD seneng ya bisa main ikut nulis ke blog orang lain^^ hehehe. Terima aksih ya kak Hani sudah mempersilakan saya bertamu, semoga bisa bermanfaat dan gak mengecewakan xDD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Risa~! Senang juga diskusi bareng dan makasih atas cuap-cuapnya :) beberapa aku belum baca buku-bukunya nih, jadi lumayan lah buat rekomendasi :D

      Hapus
  2. Wah Risa udah lama gabung juga ya. Aku kok masih kurang familiar, maafkan yaa >,< *sok eksis abis
    Aku malah gak gitu suka misteri. Menurutku misteri enaknya ditonton, karena aku males mikir sih XD
    Salam kenal lagi ya :D

    BalasHapus
  3. waaa... sesama pencinta agatha christie (dan papa poirot) nih! toss dulu ah XD salam kenal risaa... setuju sama pillihan buku2 agatha mu :) aku juga suka banget sama sad cypress, salah satu yang beneran paling menusuk-nusuk hati hihi... kalo boleh aku mau rekomen murder of roger ackroyd (kalo memang belom baca). itu juga full sama kejutan :D

    BalasHapus
  4. Wait, jadi yg masukin gambar Sherlock itu Hani kan ya, Risa kan bahas Agatha Christie *salah fokus*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooh, iya aq juga baru nyadar.. hahaaa.. bukaan, itu yg bikin Risa semua kok... hahahaa :))

      Hapus
  5. uhuyyy.. senang dhe baca postingan ini karena gua juga baru mulai 'kenal' dan jatuh cinta ama agatha christie and beberapa buku yang disebutkan di atas udah nangkring manis dalam timbunan, tinggal dibaca aja, olee XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhuuu, ayoo dibaca dan di-review.. biar aq tambah kepingin nimbun juga *lhoh* hahaa :))

      Hapus
    2. cckkk.. Haniii.. beli buku itu buat dibaca, bukan buat ditimbun! *melengos pergi tanpa sempat ngaca* XD ahahahahaha :))

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...