Selasa, 16 Agustus 2016

Recommendation: 4 Series in Fantasy-Fiction about Magic


Sekarang ini ada berbagai macam fiksi bergenre fantasi. Salah satunya yaitu yang melibatkan sihir, penyihir dan makhluk-makhluk sihir. Kalau diperhatikan, fantasi tentang sihir melibatkan mantra dan energi ajaib yang dapat melakukan sesuatu secara instan. Ada beberapa fiksi fantasi berseri yang berkaitan dengan sihir yang cukup terkenal, dan di sini aku akan berbagi tentang dunia sihir yang diceritakan di beberapa fiksi (dengan target teen). Walaupun sama-sama tentang sihir, kisah yang berbeda menceritakan tentang dunia sihir yang berbeda, tapi tetap menarik.

Tadinya postingan ini dibuat sekaligus untuk menutup proyek baca ulang seri Harry Potter di Sudut Buku Hani, tapi kayaknya bakal lama selesainya. Apalagi sekarang ada Harry Potter #8. Jadi, sekarang aja ya publish-nya. Hehehee... Nah, berikut adalah beberapa rekomendasi fantasi sihir yang pernah Hani baca, di antaranya:


1. Harry Potter oleh J.K. Rowling
Siapa yang nggak kenal Harry Potter? Hampir semua orang tahu kisah penyihir cilik yang bersekolah di sekolah sihir Hogwarts yang luar biasa itu. Misi si Harry ini adalah mengalahkan penyihir jahat yang memang sudah ‘ditakdirkan’ untuk dilawannya. Dalam perjalanan hidupnya untuk mengalahkan his long life enemy ini dia masih harus banyak belajar di sekolah. Inilah yang bikin seru, sekolah sihir!

Di sekolah itu ada mata pelajaran yang ajaib pula, seperti Transfigurasi (mengubah benda atau manusia menjadi benda lain), Ramalan, Ramuan, Sejarah Sihir, Pertahanan terhadap llmu Hitam, Herbologi, dan masih banyak lagi. Ceritanya juga khas anak sekolah dengan adanya kelas, ujian, olahraga, liburan, guru-guru favorit dan yang menyebalkan, friendship dan rivalry, dan nggak ketinggalan juga crush dan romance. Tapi karena ini adalah dunia sihir, tentu ada banyak hal lain selain yang berkaitan dengan sekolah yang mungkin terjadi.

Di luar sekolah, banyak penyihir dengan pekerjaan yang bermacam-macam. Ada auror dari pemerintahan yang bertugas sebagai penjaga keamanan dunia sihir, ada menteri sihir, ada atlet Quidditch, ada pembuat tongkat sihir, ada wartawan, guru, dan ada juga penjahat (hahahaa…). Yang unik, makhluk-makhluk sihir juga memiliki pekerjaan khusus, seperi peri-rumah yang bertugas menjaga, membersihkan rumah, dan memasak, lalu juga goblin yang bertugas di bank sihir, serta dementor si penjaga penjara Azkaban.

Dunia sihir Harry Potter berada sejalan dengan dunia tanpa sihir atau yang disebut dengan dunia Muggle. Tapi banyak Muggle yang tidak mengetahui adanya dunia sihir, walaupun ada yang mengetahuinya. Menteri Muggle mengetahuinya, orang tua Hermione juga karena Hermione adalah penyihir sedangkan orang tuanya adalah Muggle yang bekerja sebagai dokter gigi.

Setting tempat kisah ini adalah di Inggris. Tapi banyak tempat di negara lain yang juga memiliki sekolah sihir, seperti Durmstrang di Hungaria dan Beauxbaton di Perancis. Ada juga Turnamen Triwizard, yaitu turnamen internasional sekolah sihir untuk menguji kemampuan sihir para murid terpilih. Lalu untuk melemparkan mantra juga harus menggunakan tongkat sihir (untuk manusia, karena peri-rumah bisa menyihir tanpa tongkat). Hal itu juga yang membedakan dunia sihir Harry Potter dengan dunia sihir di kisah lain.

Goodreads
Ngaku penikmat fantasi tapi belum pernah baca Harry Potter? Baca dong, paling nggak sekali seumur hidup lah. #maksa #peace. Oiya, baru-baru ini juga sudah diterbitkan Harry Potter and the Cursed Child (Harry Potter #8). Wuiih, tambah seru aja ya. Kalau ingin menikmati cerita fantasi dengan cita rasa naskah drama, buku terakhir seri ini jelas nggak boleh dilewatkan nih.

Buku-buku seri Harry Potter oleh J.K. Rowling:
#1 Harry Potter and the Sorcerer’s Stone
#2 Harry Potter and the Chamber of Secrets
#3 Harry Potter and the Prisoner of Azkaban
#4 Harry Potter and the Goblet of Fire
#5 Harry Potter and the Order of Phoenix
#6 Harry Potter and the Half-blood Prince
#7 Harry Potter and the Deathly Hallows
#8 Harry Potter and the Cursed Child (NEW RELEASE 2016)

2. The Worlds of Chrestomanci oleh Diana Wynne Jones
cover terbitan PT GPU diambil dari Goodreads
Dunia sihir Chrestomanci adalah dunia parallel yang terpisah dengan dunia tanpa sihir. Ada 12 dunia parallel, dan dunia sihir ada di salah satunya. Dunia sihir itu dipimpin oleh Chrestomanci yang juga bertugas untuk menjaga portal dunia-dunia lainnya. Walaupun begitu, masih ada banyak orang yang tidak bisa sihir di dunia sihir itu.

Di dunia sihir ini, penyihir dibagi menjadi beberapa kelas. Ada enchanter/enchantress, sorcerer, warlock, necromancer, magician dan penyihir secara keseluruhan disebut wizard/witch. Chrestomanci adalah jabatan tertinggi dari penyihir terkuat yaitu enchanter/enchantress yang memiliki 9 nyawa. Enchanter/enchantress yang tidak memiliki 9 nyawa tidak bisa menjadi Chrestomanci. Lalu warlock adalah sebutan untuk penyihir jahat dan berhubungan dengan kutukan (walaupun kadang ada enchanter/enchantress yang jahat, tapi tetap disebut enchanter/enchantress karena lebih kuat). Necromancer adalah penyihir dengan kemampuan khusus manipulasi kematian. Sorcerer adalah penyihir yang berhubungan dengan benda-benda sihir atau racun dan ramuan. Magician adalah penyihir yang pandai menggunakan mantra dan biasanya adalah pembuat mantra.

Goodreads
Kedudukan Chrestomanci adalah di Inggris, tapi di kisah the Magicians of Caprona menceritakan tentang para penyihir di Italia. Penyihir bersekolah bersama dengan orang-orang biasa. Mereka memiliki kemampuan khusus yaitu lebih pandai di bidang berbagai bahasa untuk pembuatan mantra, namun dalam hitung-menghitung, kemampuan penyihir sama dengan orang biasa.

Sihir bisa dilakukan tanpa tongkat sihir dengan mantra yang benar. Di beberapa tempat, mantra dikeluarkan dengan cara dinyanyikan. Di kastil Chrestomanci, ada banyak staff yang membantu pekerjaan Chrestomanci dalam melayani warga penyihir di seluruh dunia, baik di dunia sihir maupun di dunia parallel lainnya dan merupakan petugas pemerintah. Tapi biasanya hanya Chrestomanci yang datang jika dipanggil. Staff lainnya bekerja dari kastil. Di Witch Week menceritakan dunia sihir di dunia parallel lain yang tidak boleh menggunakan sihir. Penyihir akan dihukum gantung di dunia itu, padahal penyihir lebih banyak daripada warga biasa. Chrestomanci dipanggil untuk menyelesaikan masalah itu.

Pada masa Chrestomanci Christopher Chant, ia menggunakan kastilnya untuk melatih penyihir-penyihir muda berbakat, dibantu dengan orang-orang pilihannya sebagai guru. Seperti sekolah, tapi lebih private karena muridnya sedikit. Hanya sedikit anak yang dipilih untuk belajar sihir di kastil Chrestomanci, dan umumnya adalah anak-anak penyihir berbakat dan calon Chrestomanci berikutnya. Tapi anak-anak penyihir lain dapat bersekolah di sekolah-sekolah lain di luar kastil. Jadi di dalam kastil Chrestomanci ada keluarga Chrestomanci tentunya yaitu istri dan anak-anaknya, guru, penasihat Chrestomanci, pengurus rumah tangga, koki, yang kebanyakan bisa sihir.

Cover terjemahannya sangat cantik! Karena itulah aku memburu seri ini sampai terkumpul semua terjemahannya. Sayang ya, nggak diterjemahkan semua. Aku sampai harus memburu sisa serinya dengan yang edisi asli. Kalau tertarik dengan cerita sihir yang menjadi ide diciptakannya Harry Potter, seri ini nggak boleh dilewatkan.

Goodreads
Buku-buku seri The Worlds of Chrestomanci oleh Diana Wynne Jones:
#1 Charmed Life
#2 The Lives of Christopher Chant
#3 The Magicians of Caprona
#4 Witch Week
#5 Mixed Magic
#6 Pinhoe Egg
#7 Conrad’s Fate


3. The Bliss Bakery Trilogy oleh Kathryn Littlewood
Goodreads
Keluarga Bliss adalah keluarga pembuat roti di Calamity Falls di Amerika, dan membuat roti-roti yang istimewa karena ajaib. Yup, keluarga Bliss adalah ahli sihir dapur. Mereka membuat kue dengan khasiat ajaib dengan bahan-bahan yang ajaib pula, serta membisikkan mantra yang tepat untuk membuat roti-roti buatan mereka berkhasiat sihir. Resep roti-roti ajaib itu dibuat dari buku resep turun-temurun keluarga mereka, yaitu Bliss Cookery Booke.

Toko Roti Bliss yang terkenal dengan roti sihir hanya dikenal sebagai pembuat roti biasa oleh orang-orang biasa, tapi banyak yang mengakui bahwa roti buatan Toko Bliss memang lezat. Bakat sihir sepertinya hanya dimiliki oleh sedikit orang dan ada lebih banyak orang yang bukan penyihir. Keluarga Bliss yang ahli sihir dapur tidak menggunakan tongkat sihir untuk menyihir. Mereka membisikkan mantranya dalam adonan yang dibuat dari bahan-bahan sihir untuk membuat roti dan kue dengan khasiat sihir tertentu.

Goodreads (edisi Jerman)
Thyme (Ty), Rosemary (Rose), Sage, dan Parsley (Leigh) adalah empat orang anak Albert dan Purdy Bliss. Dari keempat anak itu, hanya Rose yang tertarik dengan bisnis keluarga, walaupun Ty dan Sage sebetulnya juga bisa membuat roti. Dalam trilogi ini diceritakan kisah perjalanan Rose menjadi ahli sihir dapur dibantu dengan saudara-saudaranya dan ayah-ibunya. Salah satu perjalanannya adalah mengikuti kompetisi masak internasional Gala de Gateaux Grand di Paris! Wow, tahu sendiri kan, kalau masakan Perancis itu istimewa? Nah, di lomba itu juga Rose menggunakan sihir dalam masakannya. Tapi perjalanan itu juga bertujuan untuk mengambil kembali Bliss Cookery Booke yang dicuri.

Bliss Cookery Booke ini menjadi barang incaran para koki karena berisi berbagai resep membuat roti dan kue ajaib. Banyak pihak yang ingin memilikinya untuk berbagai tujuan dan mengembangkan masakan sihir yang jahat untuk diproduksi massal. Padahal resep sihir tidak boleh digunakan sembarangan! Hanya keluarga sihir Bliss yang boleh menggunakan resep itu untuk membuat roti dan kue demi menolong manusia. Seru sekali membayangkan bahwa sihir bisa membuat makanan yang enak dan ajaib! Kisah ini mengulas tentang profesi ahli sihir dapur khususnya patisserie (pembuat roti dan kue) yang jarang diungkap di fiksi fantasi sihir lainnya (walaupun Chrestomanci juga mempekerjakan koki penyihir juga di kastilnya).

Goodreads (edisi UK)
Cerita sihir ini masuk dalam kategori cukup aman, karena tidak ada kekerasan eksplisit. Memang sasarannya untuk anak-anak middle-grade sih. Karena itulah ceritanya juga termasuk soft. Penyihir jahat juga nggak sejahat Voldemort yang sampai bunuh orang. Tapi ceritanya tetap menarik untuk dinikmati kalau kamu pecinta makanan manis dan sayang keluarga, karena yang diusung di sini adalah kekeluargaan. Selain itu covernya sangat cantik! Baik edisi terjemahan maupun aslinya menggunakan desain yang sama. Sangat collectible deh! Paling suka sama cover buku pertamanya, karena seperti tiga dimensi.

Buku-buku seri The Bliss Bakery Trilogy oleh Kathryn Littlewood:
#1 Bliss
#2 Dash of Magic
#3 Bite Size Magic

4. Skulduggery Pleasant oleh Derek Landy
Skulduggery Pleasant
Ini adalah kisah dunia sihir yang juga sejalan dengan dunia tanpa sihir. Semua orang dapat mempelajari sihir, tapi keberadaan sihir harus dirahasiakan dari orang yang tidak bisa sihir. Adalah Skulduggery Pleasant, seorang detektif bertubuh kerangka dan memiliki kekuatan sihir. Pekerjaannya adalah menangkap penjahat. Dia mengambil seorang asisten atau murid atau partner, bernama Stephanie yang kemudian menyebut dirinya Valkyrie di dunia sihir (yang terpaksa dilakukan karena Valkyrie memaksanya). Sebetulnya misi Valkyrie adalah menyelidiki kematian Gordon, pamannya, yang entah kenapa mewariskan seluruh hartanya pada Valkyrie ketika ia meninggal.

Setting tempat kisah ini adalah Irlandia. Di dunia sihir ini, kemampuan sihir juga dibedakan ke dalam beberapa jenis. Ada necromancer (definisinya mirip dengan di dunia sihir Chrestomanci), elemental, sensitif, dan teleporter. Elemental adalah kemampuan sihir untuk memanipulasi energi elemen-elemen di permukaan bumi seperti air, api, tanah, dan udara. Sensitif adalah kemampuan sihir untuk meramal. Teleporter adalah kemampuan untuk berpindah tempat secara instan (seperti ber-Apparette dan Disapparette di dunia sihir Harry Potter).

Goodreads
Skulduggery Pleasant dan Valkyrie adalah elemental. Dunia sihir ini lebih banyak berhubungan dengan makhluk-makhluk sihir seperti makhluk tanpa wajah, penjagal (penjaga keamanan seperti Dementor), vampire, hantu, dan benda-benda sihir yang bersifat jahat, terkutuk, maupun yang bermanfaat. Dunia sihir ini juga berhubungan dengan dunia parallel tempat makhluk-makhluk sihir jahat berada.

Para penyihir di dunia ini dapat melakukan sihir tanpa tongkat sihir dan tanpa mantra. Mereka melakukannya dengan teknik mengumpulkan energi untuk melakukan sihir elemen (untuk elemental). Tapi ketika bertarung mereka kadang juga menggunakan benda-benda non-sihir seperti pedang dan pistol. Penyihir bertubuh manusia melakukan pekerjaan sihir secara rahasia, dan tidak boleh ketahuan menggunakan sihir di depan manusia biasa. Selain detektif penyihir juga ada peneliti penyihir, assassin, informan, dan sebagainya. Tapi biasanya penyihir-penyihir tersebut memiliki pekerjaan samaran di dunia biasa. Valkyrie tetap pergi ke sekolah, tapi dia juga tetap melakukan penyelidikan rahasia di dunia sihir sambil berlatih sihir elemen. Jadi kisah ini mengulas tentang kegiatan penyelidikan di dunia sihir.

Honestly, aku nggak terlalu menikmati seri ini. Tapi pembangunan dunia sihirnya lumayan menarik. Aku suka pembagian ilmu sihirnya, terutama necromancer dan sensitif. Kalau penasaran, silahkan coba baca serinya. Tapi yang baru diterjemahkan hanya tiga nomor awal.

Skulduggery Pleasant Official Site
Buku-buku seri Skullduggery Pleasant oleh Derek Landy:
#1 Skullduggery Pleasant
#2 Skullduggery Pleasant: Playing with Fire
#3 Skullduggery Pleasant: The Faceless Ones
#4 Skullduggery Pleasant: Dark Days
#5 Skullduggery Pleasant: Mortal Coil
#6 Skullduggery Pleasant: Death Bringer
#7 Skullduggery Pleasant: Kingdom of the Wicked
#8 Skullduggery Pleasant: Last Stand of Dead Men
#9 Skullduggery Pleasant: The Dying of the Light

Lifehack Quotes
Seru ya, menjelajah dunia sihir yang bermacam-macam ini. Selain itu, cover buku jenis ini kebanyakan cantik-cantik! Bikin para cover lust susah nahan godaan nih. Hehehehee...

Apa jadinya ya, kalau keempat dunia sihir itu digabungkan? Mungkin nanti akan ada banyak sekolah sihir khusus, seperti sekolah sihir khusus koki, tapi sekolah sihir umum juga tetap ada. Lalu akan ada banyak kompetisi sihir untuk pelajar sihir yang tidak hanya terbatas dengan Turnamen Triwizard, tapi ada juga kompetisi memasak sihir seperti Gala de Gateaux Grand, dan kompetisi membuat mantra seperti di Caprona. Oh, dan jangan lupa juga event olahraga sihir seperti Piala Dunia Quidditch. Dunia sihir juga akan dipimpin oleh Chrestomanci, penyihir terkuat dan bijaksana, serta memiliki 9 nyawa. Trus nanti akan ada banyak juga profesi penyihir yang berbeda-beda, dari detektif sampai koki, bahkan profesi seperti penjaga makhluk-makhluk sihir jahat agar tidak mengganggu manusia, dan profesi untuk makhluk-makhluk sihir yang bermanfaat.

Kalau dipikir-pikir lagi, mungkin dunia-dunia sihir itu lebih baik dipisah sebagai mana adanya. Jika digabung, sepertinya akan kacau-balau. Hahahaa.. Apa pendapatmu?

Tapi sayang sekali ya, dunia sihir yang disebutkan di sini berasal dari fiksi-fiksi terjemahan. Apakah ada yang bisa memberikan rekomendasi fiksi tentang fantasi sihir lokal? Oiya, postingan ini juga untuk mengenalkan postingan terbaru di Sudut Buku Hani selain review, yaitu ‘Recommendation’.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...