Jumat, 30 Januari 2015

Yang Hilang (Gone Girl) - Gillian Flynn #KadoSecretSanta



goodreads
Judul: Yang Hilang
Judul asli: Gone Girl
Penulis: Gillian Flynn (2012)
Alih bahasa: Ariyantri Eddy Tarman
Editor: Reita Arianti
Desain sampul: Eduard Iwan Mangopang
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama (November, 2014)
Edisi Bahasa Indonesia, Softcover, 616 hlm.

Apa yang kaupikirkan? Apa yang kaurasakan? Siapa dirimu? Apa yang sudah kita lakukan kepada satu sama lain? Apa yang akan kita lakukan? – Nick, p.11-12
   
TRAGEDI SELALU MEMILIKI DUA SISI

Nick Dunne: Istriku menghilang. Tepat pada hari ulang tahun penikahan kami yang kelima. Ketika pulang hari itu, aku mendapati sisa-sisa pergumulan di ruang duduk. Polisi mencurigaiku. Banyak kejanggalan muncul dari hasil penyelidikan. Parahnya, semua bukti mengarah kepadaku. Apa yang istriku lakukan terhadapku?

Amy Dunne: Dalam buku harian, aku menulis dia mungkin akan membunuhku. Kalau suatu hari aku ditemukan mati… yah, itu bukan lelucon yang lucu. Setahun belakangan aku sudah mempersiapkan diri. Agar suamiku tak macam-macam denganku.

Nick harus mengerahkan segala upaya untuk lepas dari penghukuman media dan publik, menghindar dari penjara dan bahkan hukuman mati. Menyelami isi kepala istrinya yang rumit dan perfeksionis, hanya itu satu-satunya cara.

Tepat di tengah-tengah halaman, gambaran yang kudapat dari halaman sebelumnya jadi jumpalitan. Buku ini meningkatkan tingkat kecurigaan dan ke-parno-an terhadap orang lain. Sesaat, itulah efek yang kurasakan. Aku jadi kepikiran, kira-kira ada berapa orang yang punya kepribadian ‘twisted’ di sekitarku? Kepribadian yang membuat seolah-olah semua orang memakai topeng. Sampai berapa lapis topeng yang dipakai?

Nick dan Amy Dunne awalnya kupikir mereka pasangan romantis yang sedang bermasalah. Biasalah, partner / couple pasti selalu punya masalah. Menurut Nick, Amy itu sangat misterius dan suka mengeluh, sedangkan menurut Amy, Nick itu kurang pengertian. Ide pencarian harta tiap ulang tahun pernikahan itu unik dan romantis, dan kayaknya seru buat dicontoh. Tapi lama-lama susah buat menyukai karakter mereka berdua. Nick kayak kurang berusaha memahami Amy, tapi Amy juga terlalu banyak menuntut. Sampai akhirnya terjelaskan di bagian kedua, dan memang, aku jadi semakin nggak menyukai mereka berdua.

Tapi wow… cerita yang dibangun benar-benar di luar dugaan. Bagian kedua benar-benar nge-thrill! Bikin nagih! Sampai rasanya heran sendiri, aku bisa menikmati, bahkan sampai nggak sabar pengen segera tahu akhirnya, padahal aku nggak suka sama karakter utamanya. Bagian pertamanya menurutku kebanyakan. Di beberapa bab awal bagian pertama aku udah bisa menangkap intinya, gambaran Nick dan Amy dari ‘luar’. Bagian itu dijabarkan sampai setengah buku, sampai bikin mabok. Itulah yang bikin lama bacanya, hehehee… Jadi, 4.5/5 karena puas banget dengan jalan cerita, kejutan-kejutan, thrill dan twist yang nggak terduga.

Award:

Tentang Penulis:
goodreads
Gillian Flynn adalah penulis bestseller New York Times, Dark Places, yang menjadi Ulasan Favorit di New Yorker, Bacaan Utama Musim Panas Weekend TODAY, Buku Terbaik 2009 versi Publishers Weekly, dan pilihan Fiksi favorit versi Chicago Tribune; dan pemenang Dagger Award untuk Sharp Objects, yang juga adalah nominasi Edgar untuk Novel Pertama Terbaik, pilihan BookSense, dan masuk seleksi Barnes&Noble Discover. Mantan penulis dan kritikus untuk Entertainment Weekly, novel Gillian Flynn sudah diterbitkan di 28 negara. Dia tinggal di Chicago dengan suami dan putranya.

Siapa Santa-ku?
BBI
Halo Santa-ku di luar sana! Gimana kabarnya? Aku nggak nyangka lho, bakal dapat hadiah buku ini dari Santa. Seneng banget! Ditambah lagi, ceritanya ternyata memuaskan. Rasanya terima kasih pun nggak cukup *lebay* (hehehee…)

Daaan, karena barengan dengan PostBar Buku SS aku harus mengungkap siapa Santa, jadi inilah dia…

Riddle dari Santa (lihat di sini) yaitu: SZIOVJFRMILNZMXV
Sedangkan clue-nya yaitu: flipped (kok rasanya pas banget ya sama tema buku kadonya? Jangan-jangan Santa udah baca bukunya? ^_^ *abaikan*)
Penyelesaiannya yaitu: A = Z atau disebut juga Atbash Cipher (hasil googling ^_^), jadi jawabannya adalah…

SZIOVJFRMILNZMXV
=
HARLEQUINROMANCE

Yuhuuuu, Santa Angela yang punya blog namanya Harlequin Romance (http://www.resensiharlequin.com/) dapet salam manis dariku *kissbye*. Yakin banget kali ini tebakanku bener *pede*. Yeyeyeyeee~ *joget-joget bawa pompom*

Peace (v^_^)
@mahdiyanti

16 komentar:

  1. hahaha, pas acara irf ada yang ngaku santanya hani. bener nggak ya, orangnya kak phie :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah, klo dulu aq dtg irf bisa ketemu santa dong..

      Hapus
  2. Eh, buku kita sama..
    semoga tebakannya bener ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, semoga bener.. banyak juga yang dapet buku ini yaa :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. sipp, lumayan yakin, tinggal nunggu pengakuan ajaa :)

      Hapus
  4. Banyak yang dpt buku ini yaaah. Nanti baca buku flynn lainnya ya han xD *shameless promotion

    BalasHapus
    Balasan
    1. siaaapp mbak vin :) bukunya bikin jumpalitan nih! bikin nagih! hehee

      Hapus
  5. argh, mau bukunyaaa. Santanya simpel nggak neko-neko ngasih clue-nya :)
    btw penulisnya tjantik ya ^^ #salahfokus

    BalasHapus
    Balasan
    1. untungnya gampang riddle-nya
      padahal awalnya kupikir penulisnya cowok lho.. ^_^

      Hapus
  6. Haiiiii... Maap baru nongol hari ini :)
    Betul sekali tebakan kamu. Seneng deh kalau kamu suka bukunya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo! makasih banyak yaa, Santaku :* Salam Kenal ^_^

      Hapus
  7. Aku masih mandeg di bagian istrinya hilang itu han, blm bisa move on.. hehe

    Wah, keren deh riddlenya. Pake terbalik segala ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagian itu emang kudu sabar banget ky.. tapi kalau udah sampai tengah bakal terkaget-kaget deh.. coba ajaa.. :)

      Hapus
  8. baru tahu kalo ada Atbash Cipher, hadehhhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak, baru tahu juga kalo itu namanya Atbash Cipher :D referensi: mbah gugel

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...