Senin, 10 Oktober 2016

Book-Related: ‘Puss in Books’ 8 Buku dengan Kucing di Dalamnya


Miauw miauw~!

Ada postingan baru di Sudut Buku Hani. Apa itu? Review, ya? Bukan… Hani mau membahas tentang kucing yang diceritakan dalam buku. Penggemar kucing mana suaranya?? Hehehee… Hani ini penggemar kucing. Pelihara kucing juga. Tapi sayangnya tahun ini kucing Hani mati 3. Hiks, sedih. Sekarang Hani nggak punya kucing.

Eh, maaf jadi curhat. Ehm, jadi dalam buku sering diceritakan ada kucing yang terlibat. Apakah kucing itu peliharaan tokoh utamanya atau malah tokoh utamanya itu sendiri, yang penting kalau ada kucingnya, mau Hani bahas di sini. Tapi hanya terbatas dari buku-buku yang pernah Hani baca (dan ingat isinya) saja. Kalau kamu tahu ada buku lain yang ada kucingnya, coba nanti share ya!

Ada 8 buku dan semuanya berseri yang akan Hani share, dengan kucing yang diceritakan di dalamnya. Sebetulnya tidak semua buku menggambarkan ras kucingnya. Jadi Hani hanya akan menebak-nebak saja. Bisa jadi kucing yang dideskripsikan dalam buku adalah kucing kampung lokal yang rasnya campuran tidak jelas. Post ini adalah untuk having fun dan menikmati gambar-gambar kucing-kucing lucu dari buku ini. Miauw~


1. Asparagus Hijau (Gus) di A Dash of Magic dan Bite-Sized Magic (Kathryn Littlewood)

goodreads
Buku-buku itu adalah buku kedua dan ketiga dari Bliss Bakery Trilogy. Di dalamnya ada seekor kucing bernama Asparagus Hijau yang sering dipanggil Gus. Gus adalah ras Scottish Fold yang sudah sangat tua, tapi masih aktif dan cerewet. Kucing itu peliharaan Kakek Balthazar Bliss yang sudah berumur 125 tahun dan ia sudah dipelihara sejak si kakek berusia 5 tahun. Kucing itu memakan biskuit sihir yang menyebabkannya bisa berbicara.

kucing ras Scottish Fold berbulu abu-abu
Gus berbulu abu-abu cukup tebal dengan telinga terlipat. Kucing ini berasal dari Skotlandia. Wajahnya bulat karena telinganya yang terlipat ke kepalanya. Kelihatannya sangat menggemaskan! Gus berwarna abu-abu, walaupun sebetulnya kucing Scottish Fold bisa berwarna apa saja. Gus juga berekor panjang. Scottish Fold asli hanya berusia kira-kira 15 tahun, tidak sepanjang Gus yang sampai seratus lebih! Mungkin biskuit sihir yang dimakannya bisa membuatnya panjang umur ya.

2. Buttercup di The Hunger Games Trilogy (Suzanne Collins)

goodreads
Primrose Everdeen, adik Katniss diceritakan mempunyai seekor kucing kampung. Kucing itu datang ke keluarga Everdeen, jadi Prim memungut dan memeliharanya. Kucing itu dinamai Buttercup. Buttercup berbulu kekuningan mirip seperti seekor kucing dari ras Maine Coon atau Snowshoe. Mungkin campuran antara keduanya.

pemeran Buttercup
Film The Hunger Games tidak konsisten menggambarkan Buttercup. Di film The Hunger Games pertama, Buttercup digambarkan berwarna hitam-putih dengan pola seperti tuxedo. Tapi di film selanjutnya, Buttercup diceritakan mirip dengan bukunya, yaitu berbulu kekuningan awut-awutan. Hani akan mengikuti deskripsi bukunya saja.

kucing ras Maine Coon
kucing ras Snowshoe
Kucing ras Maine Coon dan Snowshoe berbeda. Maine Coon adalah kucing ras alami bulu panjang, sedangkan Snowshoe berasal dari persilangan dan berbulu lebih pendek. Maine Coon dan Snowshoe sama-sama berasal dari Amerika Serikat. Bisa jadi Buttercup adalah persilangan antara Snowshoe dan Maine Coon? Yah, namanya juga kucing kampung.

3. Throgmorton di The Lives of Christopher Chant (Diana Wynne Jones)

goodreads
Buku ini berasal dari seri The Worlds of Chrestomanci. Sebetulnya ada dua buku lagi dari seri ini dengan kucing di dalamnya, tapi karena kucingnya berbeda dan ceritanya terpisah, Hani juga akan menceritakannya secara terpisah. Kucing dalam buku ini juga tidak jelas jenisnya. Memang bukan ras, tapi kalau campuran ras masih bisa direka-reka jenis ras apa. Warnanya oranye, ekornya belang seperti ular, dan telinganya besar sebelah. Namanya Throgmorton. Agak sulit menebak dari ras apa atau campuran ras apa kucing ini sebenarnya, tapi dugaanku adalah dari ras Somali.

kucing ras Somali berbulu Red atau Flame
Throgmorton didapat dari salah satu dunia parallel Chrestomanci yang deskripsinya mirip Timur Tengah atau Afrika. Jadi aku mencari kucing ras yang berasal dari dua tempat tersebut. Yang cocok adalah Somali, karena warnanya oranye dan bergaris atau belang-belang. Ekornya juga panjang. Kelihatannya sangat gagah. Throgmorton memang tipe kucing garong galak yang suka ngebos.

4. Benvenuto dan Vittoria di The Magicians of Caprona (Diana Wynne Jones)

goodreads
Kucing dalam buku ini ada dua: Benvenuto, peliharaan keluarga Montana dan Vittoria, peliharaan keluarga Petrocchi. Benvenuto memiliki kepala lebar dan kotak, matanya kuning, bulu hitam-coklatnya penuh pitak, dan telinganya terkoyak akibat perkelahian. Tipikal kucing garong jantan. Sedangkan Vittoria berwarna putih, bermata biru, dan berhidung merah muda. Tipikal kucing betina rumahan yang bersih.

kucing ras British Longhair coklat-hitam sebagai Benvenuto
kucing ras British Longhair putih sebagai Vittoria
Setelah mencari-cari, jenis kucing Benvenuto dan Vittoria menurutku adalah ras British Longhair atau campuran dan ras itu. Karena keluarga Montana dan Petrocchi tinggal di Italia, kupikir kucing-kucing itu berasal dari ras asal Eropa. Benvenuto berbadan cukup besar dengan bulu coklat gelap dan hitam, mata kuning, dan wajah kotak. Kombinasi fisik seperti itu juga ada pada ras British Longhair. Ras British Longhair yang bermata biru dan berbulu putih juga ada. Hal itu sama dengan deskripsi Vittoria. Mengapa aku mengira jenis mereka sama? Karena kemudian mereka berkeluarga!

5. Fiddle di Charmed Life (Diana Wynne Jones)

goodreads
Sebetulnya Fiddle adalah biola milik Eric “Cat” Chant (fiddle = biola). Tapi oleh kakaknya, Gwendolen yang nakal, biolanya disihir menjadi kucing. Cat sedih tidak bisa main biola lagi, tapi kucing ‘biola’nya tetap ia pelihara. Fiddle adalah kucing belang yang besar dengan ekor panjang. Dugaanku, ia punya pola bulu cokelat belang hitam berwarna gelap (pola warna Tabby).

kucing ras British Shorthair dengan pola bulu Tabby atau Tortoiseshell
Karena Cat dan Gwendolen tinggal di Inggris, aku menebak kalau Fiddle memiliki campuran ras British Shorthair. Kucing ras ini memiliki kepala bulat dan berbadan besar. Bulunya pendek dan berekor panjang. Sesuai dengan deskripsi Fiddle yang agak kabur ini. Oiya, karena ia sebetulnya biola yang disihir jadi kucing, mukanya jadi agak mirip biola. Hehehee..

6. Pus Muram (Somber Cat) di May Bird Series (Jodi Lynn Anderson)

goodreads
May Bird, si gadis kecil yang bisa melihat hantu di cerita ini memiliki kucing peliharaan bernama Pus Muram (Somber Cat). Kucing ini berbulu sangat tipis dan nyaris transparan, seperti gundul, jadi terlihat seperti kucing kurus. Mudah sekali ditebak kalau Pus Muram adalah kucing dari ras Sphinx. Kucing ras ini memang memiliki rambut halus yang sangat tipis sampai seperti gundul.

kucing ras Sphinx dengan pola bulu tuxedo
Awalnya kupikir kucing ras Sphinx yang nyaris gundul ini berasal dari Mesir yang panas, tapi ternyata aku salah. Kucing ras Sphinx berasal dari Kanada. Walaupun kelihatan seperti kucing sakit, kucing ras Sphinx berbadan tegap dan berotot lho. Kucing ini juga terkesan manja karena senang mencari kehangatan. Yah, mau bagaimana lagi, bulu rambutnya kan sedikit. Kalau dilihat-lihat lagi, muka kucing ras Sphinx yang runcing ini ganteng ya!

7. Crookshanks di Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (J.K. Rowling)

goodreads
Sebetulnya kucing Hermione disebutkan di buku ketiga sampai ketujuh seri Harry Potter. Tapi kalau Hani menuliskan semua judulnya, akan kepanjangan jadinya. Maka, Hani tuliskan saja judul buku kemunculan pertama si Crookshanks. Kucing ini sebetulnya adalah kucing sihir, yaitu berasal dari setengah kucing biasa dan setengah Kneazle. Tapi di filmnya, Crookshanks diperankan oleh kucing dari ras Persia.

Pumpkin, kucing ras Persia pemeran Crookshanks
Sebetulnya ada kucing yang mirip dengan ras Persia, yaitu ras Himalaya. Bedanya, kucing ras Persia memiliki mata yang lebih bulat-menonjol dan bibir atas yang lebih bundar daripada kucing ras Himalaya. Kalau Crookshanks digambarkan memiliki muka memberengut, maka ras Himalaya lebih cocok karena matanya tidak terlalu bulat.

kucing ras Himalaya
Crookshanks adalah kucing jantan berwarna oranye, berekor panjang mirip sikat botol, berbulu lebat dan berantakan, serta berkaki pendek gemuk dengan sedikit bengkok. Kucing ras Himalaya atau Persia berwarna oranye cocok memerankannya. Eh tapi, Crookshanks juga setengah Kneazle lho, makanya dia bisa mendeteksi sihir jahat. Hihihi…

8. Goro dan Captain di Detective Conan Series (Aoyama Gosho)

goodreads
Sebetulnya di komik seri Detective Conan yang panjangnya minta ampun ini ada banyak kucing yang terlibat dalam kasus-kasus yang diceritakan. Tapi ada dua kucing yang sering muncul, yaitu Goro, kucing peliharaan Nyonya Mouri, dan Captain, kucing jalanan yang sering datang ke Kafe Poirot. Goro adalah kucing ras Russian Blue, sedangkan Captain adalah kucing calico jantan yang langka.

kucing ras Russian Blue
Kucing ras Russian Blue berasal dari Rusia. Warnanya abu-abu atau keperakan, mulai gelap sampai terang. Tapi warnanya selalu solid, atau satu warna saja. Kucing ras Russian Blue tidak ada yang belang. Sedangkan warna matanya selalu hijau.

Lalu, Captain sebetulnya adalah kucing liar. Calico bukan ras, tapi ciri warna kucing belang tiga, yaitu warna dasar putih dengan warna pola hitam dan coklat kekuningan pada bulunya. Karena Captain kucing liar dan lokasinya di Jepang, kupikir ia ada campuran Japanese Bobtail. Tapi Captain ekornya panjang, sedangkan Japanese Bobtail memiliki ekor yang pendek membulat atau melengkung (bahasa Jawanya ‘punthel’). Jadi sepertinya Captain hanya Domestic Shorthair biasa warna calico yang berekor panjang.

kucing Domestic Shorthair berbulu calico dan berekor panjang
Kucing warna belang tiga atau calico pada jenis apapun dianggap sebagai kucing keberuntungan. Maneki Neko di Jepang juga adalah kucing calico. Calico atau warna belang tiga pada kucing jantan sangat jarang terjadi. Kucing calico jantan terjadi karena adanya kelainan genetik. Karena itulah jika ada kucing calico jantan, harganya pastilah sangat mahal!

---
Lucu-lucu ya kucingnya! Kalau kucing Hani cuma kucing domestik bulu pendek biasa atau disebut Domestic Shorthair. Hani juga pernah diberi kucing oleh teman Hani dari jenis campuran Angora dan Domestic Shorthair. Warna kucing-kucing Hani ada yang putih belang coklat kekuningan, coklat kekuningan bergaris, abu-abu kehitaman bergaris, sampai putih dengan pola abu-abu garis hitam dan coklat. Ekornya kebanyakan panjang, tapi si kucing campuran Angora dan Domestic Shorthair berekor ‘punthel’.

Aduh, malah jadi curhat lagi deh! Maafkan Hani gaes. Jadi, apa ada kucing-kucing lain di bacaan kamu? Kasih tahu Hani ya… Miauw~



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...